RELAWAN RZ LANTIK PELAJAR SIAGA BENCANA DI PADANG

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

RELAWAN RZ LANTIK PELAJAR SIAGA BENCANA DI PADANGPADANG. Relawan RZ Padang melaksanakan pelatihan dalam pelantikan 9 (sembilan) orang struktur Kelompok Siaga Bencana Sekolah (KSBS) atau Pelajar Siaga Bencana (PSB) SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang.

Kelompok Siaga Bencana Sekolah (KSBS) merupakan sebuah program reguler yang dirancang untuk kesiapsiagaan sekolah dalam menghadapi bencana. Hal ini merupakan salah satu cara untuk mengurangi resiko bencana serta menciptakan sekolah yang tangguh dalam mengatasi bencana.

Kegiatan pelatihan dalam rangka pelantikan ini di laksanakan mulai dari Sabtu sore (13/08) yang dimulai dengan kegiatan apel sore dan pemberian arahan dari pelatih. Setelah sholat magrib, pelajar diberikan beberapa games serta pemberian materi Pengenalan KSBS dan materi kepemimpinan.

Pada pukul 02.00 dini hari, pelajar di bangunkan oleh pelatih untuk melaksanakan sholat tahajjud dan dilanjutkan dengan jurit malam “uji nyali”. Pelajar dibagi menjadi 4 kelompok dan bekali dengan sebatang lilin untuk mencari scarf yang disembunyikan oleh pelatih.

“Sangat sayang sekali, saya tidak bisa menemukan scarf yang disembunyikan oleh pelatih, karena saya kurang teliti dan kurang cepat sehingga waktu yang diberikan habis terbuang sia-sia. Akan tetapi kegiatan ini luar biasa, ada atau tidaknya scarf, saya akan tetap semangat belajar di KSBS.” ucap Aldi, salah satu peserta.

Setelah waktu habis, perjalanan dilanjutkan ke shelter gedung untuk melanjutkan rangkaian kegiatan lainnya.

Pada pagi Minggu (14/08), dilaksanakan upacara pelantikan struktur KSBS. Bapak Sudirman selaku pembina KSBS memasangkan scarf kepada Riska Okta Putri sebagai simbol pelantikan.

“Alhamdulillah, saya sangat senang bergabung menjadi pelajar dan mengikuti kegiatan pelatihan dari Relawan RZ Padang dalam rangka kegiatan pelantikan struktur ekskul KSBS. Kegiatan ini benar – benar menguji konsentrasi, kerja sama, pola pikir, ketanggapan, kedisiplinan, tepat waktu, kemandirian, dan komitmen saya. InsyaA llah, saya akan membuat kegiatan KSBS menjadi lebih baik, memberikan motivasi serta mengembangkan ide – ide kratif.” ucap Riska Okta Putri yang merupakan siswa kelas 12 IPS 2 selaku ketua KSBS terpilih.

Newsroom/Anto
Padang

Tags :
Donation Confirmation