RELAWAN RZ SAPA PENGUNGSI DI POSKO SIAGA BENCANA ASAP

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

RZ LDKO CilegonPEKANBARU. Pada hari Kamis (01/10) kemarin, tim relawan RZ memantau kondisi serta kualitas udara Pekanbaru yang hingga sampai saat ini masih berstatus berbahaya. Tentunya hal tersebut sangat tidak baik bagi kesehatan serta tidak aman bagi semua kalangan masyarakat.

Bencana kabut asap yang sudah terjadi sejak bulan Juli lalu disebabkan oleh kebakaran lahan hutan. Namun, menurut tinjauan BMKG titik api yang bulan lalu dipadamkan oleh tim relawan RZ yang bersinergi dengan pemerintah telah tiada.

Karenanya, relawan RZ mengunjungi posko siaga bencana asap yang di adakan oleh pemerintah kota Pekanbaru, yang mana posko ini berada di kantor pemerintahan kota pekanbaru di jalan Jendral Soedirman.

Di posko tersebut, relawan RZ menemui ada beberapa anak bayi yang masih berumur di bawah 6 bulan. “Posko ini di peruntukkan untuk masyarakat kota pekanbaru khususnya bayi yang berumur dibawah 6 tahun, ini dilakukan karena bayi yang berumur segitulah yang paling rentan terkena ISPA dan dampak asap,” tutur dokter Zaini sebagai penanggung jawab posko dari dinas kesehatan kota Pekanbaru.

Dokter Zaini menambahkan, bahwa ia bersama timnya baru hanya bisa membuka posko untuk bayi seumuran 6 bulan kebawah plus satu ibu yang membawanya, ini disebabkan lokasi kami untuk membuat posko hanya dapat menampung bayi umuran 6 bulan kebawah. “Dengan catatan mereka yang belum sakit. Karena ini posko buat pencegahan bukan pengobatan,” ujarnya saat ditanyai oleh relawan RZ.

Tak hanya itu, Fajri Sabti sebagai Kordinator relawan RZ Pekanbaru berinisiatif untuk menginfokan kepada para pasien yang tengah melakukan cek kesehatan di Rumah Bersalin Gratis yang diberdayakan oleh RZ untuk membawa anak-anak atau bayi ke posko siaga bencana asap ini.

“Dokter zaini berharap supaya relawan RZ bisa membantu untuk menginfokan kedapa masyarakat untuk dapat mendatangi posko siaga bencana asap ini yang terkhusus buat anak bayi dibawah 6 bulan,” tutur Fajri.***

Newsroom/Sri Taryati
Pekanbaru

Tags :
Donation Confirmation