Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

Rona Nusantara adalah salah satu program Rumah Zakat yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat untuk ikut serta dalam kegiatan berbagi  di desa-desa terpencil di Indonesia, sekaligus mengeksplorasi keindahan alamnya. Dengan konsep Sharing and Traveling, Rumah Zakat mengajak Sahabat refreshing dengan cara yang tidak biasa.

Rona Nusantara telah diselenggarakan di 15 lokasi, yaitu Cianjur (29-30 April 2017), Purwakarta (2-4 Juni 2017) Yogyakarta (9-11 Juni 2017), Lampung (28-30 Juli 2017) , Jombang (11-13 Agustus 2017), Banyuwangi ( 13 – 15 Oktober 2017) dan Banten ( 24 – 26 November 2017), Cianjur (22- 24 Desember 2017), dan Pasuruan (26-28 Januari 2018), Bogor (02 – 04 Maret) , Demak ( 22 – 24 Maret ), Trenggalek (27 – 29 April), Mekarsari (25 – 27  Mei), Aceh (17-19 Agustus), Probolinggo (21-23 September)

Berikut berbagai aktivitas peserta Rona Nusantara:

Syahdunya penerbangan lampion oleh peserta Rona Nusantara

Mengangkut perlengkapan untuk pembangunan MCK

Keceriaan peserta untuk berbagi paket perlengkapan sekolah di Kulonprogo

Peserta berinteraksi dengan warga kampung Karapyak, Purwakarta

Balai Inspirasi untuk para peserta

Kelas Inspirasi untuk anak-anak

Peserta mengikuti outbound Flying Fox

Kegiatan Bakti Pendidikan di SDN 1 Sukomulyo

Sholat berjamaah di alam

Keseruan travelling di Pulau Tegal Lampung

Pojok Baca untuk anak – anak SDN Nampu

Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut

“Kegiatan ini seru sekali. Saya mendapatkan banyak pelajaran dengan mengikuti kegiatan Rona Nusantara ini. Saya belajar untuk mensyukuri banyak hal yang telah saya miliki. Hal-hal yang selama ini saya anggap biasa, ternyata bagi orang menjadi sangat luar biasa. Semoga saya bisa ikut lagi,” ungkap Auliya, salah satu peserta Rona Nusantara 1 asal Sumedang.

Kisah lengkap Rona Nusantara angkatan 1 – 15 bisa Sahabat lihat di Channel Youtube Rumah Zakat.

Klik disini 

RONA NUSANTARA EDISI SPESIAL : MENGABDI DI DAERAH BENCANA

Desa Persiapan Menggala Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara adalah salah satu Desa Berdaya yang baru di resmikan Rumah Zakat pasca gempa yang menimpa Nusa Tenggara Barat (NTB) termasuk Lombok Utara.
Gempa 6,4 SR yang terjadi pada 29 Juli 2018 lalu membuat Lombok Utara mengalami dampak terparah, salah satunya Desa Persiapan Menggala.
.
Selain dijadikan Desa Berdaya yang akan dibina Rumah Zakat, di desa ini Rumah Zakat juga membangun Shelter (Hunian Sementara) terintegrasi bagi para warga terdampak yang dilengkapi dengan Sekolah Darurat, Toilet Komunal, Pasar Berdaya dan Masjid Darurat.
.
Di Desa ini, Rumah Zakat menggelar aktivitas Sharing and traveling dan mengajak Sahabat perona untuk berpartisipasi dalam Rona Nusantara edisi special: Mengabdi di daerah bencana. Di kegiatan yang akan dilaksanakan pada 24 November hingga 2 Desember 2018 ini Sahabat Perona akan diajak lebik dekat mengenal warga yang berada di daerah bencana berinteraksi langsung dan melihat kondisi mereka.

Desa Persiapan Menggala peserta rona nusantara membantu tenaga medis untuk melakukan cek kesehatan gratis pada warga. Karena bertepatan dengan dengan peringatan Maulid Nabi, para peserta akan menggelar Lomba – Lomba untuk membangkitkan semangat anak-anak.

Para peserta akan diajak menikmati eksotisme pantai Pandanan dengan pasir putih kecoklatan dan air laut biru nan jernih, peserta juga akan diaajak Snorkling di Gili Trawangan, mengunjungi Desa Adat Sade dan wisata pantai Kuta, Sembalun serta berwisata religi ke Islamic Center Mataram.

Gimana, menarik bukan? Yuk segera daftarkan diri Anda.

*Pendaftaran : 22-29 Oktober 2018
*Pengumuman : 2 November 2018

*Biaya kontribusi Rp1.000.000,- , biaya ini mencangkup biaya akomodasi, transport dari meeting point (Masjid Raya Hubbul Wathan Islamic Centre), makan, dan infak.