RUMAH ZAKAT ACTION DISTRIBUSIKAN AIR BERSIH KE DESA YANG DILANDA KEKERINGAN

Untuk mengawal ketersediaan air bersih terhadap kebutuhan masyarakat, Rumah Zakat Action melalui relawan bergerak cepat  membantu mendistribusikan bantuan air bersih ke desa yang dilanda kekeringan dan kekurangan air bersih.

PAMEKASAN, RUMAH ZAKAT – Permintaan air bersih sejumlah daerah di Pamekasan mulai berdatangan mengingat curah hujan kemarau tahun ini lebih awal dan sudah 4 bulan terakhir tidak ada hujan sama sekali.

Untuk mengawal ketersediaan air bersih terhadap kebutuhan masyarakat, Rumah Zakat Action melalui relawan bergerak cepat  membantu mendistribusikan bantuan air bersih ke desa yang dilanda kekeringan dan kekurangan air bersih yakni Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan, Kamis (27/08).

Pendistribusian bantuan air bersih merupakan program Rumah Zakat Actoin dalam melayani masyarakat khususnya Ketersediaan Air Bersih.

“Desa Larangan Tokol ini menjadi sasaran bantuan air bersih, karena di desa ini warga sangat kekurangan air bersih khususnya warga yang tinggal di Dusun Tengah I dan II. Dan desa ini juga tiap tahun mendapatkan pasokan air bersih dari Rumah Zakat,” kata Muslih selaku Relawan Rumah Zakat Pamekasan.

Pendistribusian bantuan air bersih merupakan program Rumah Zakat Actoin dalam melayani masyarakat khususnya Ketersediaan Air Bersih.

Menurut Muslih, sebenarnya hampir semua desa di Kecamatan Tlanakan mengalami kekeringan dan kekurangan air bersih. Hanya saja, yang didahulukan adalah Desa yang paling membutuhkan.

Untuk mendapatkan air, warga terpaksa membeli air tangki bagi mereka yang punya tandon, sementara bagi warga yang tidak punya tandon terpaksa numpang ada juga yang beli.

“Kalau untuk kebutuhan mandi dan mencuci, warga terpaksa mandi seadanya,” kata Nurul salah satu TIM yang juga termasuk warga setempat.

Rumah Zakat Action Pamekasan sebelumnya telah mendistribusikan sebanyak 10 tangki air guna mengatasi kekeringan dan kekurangan air bersih di kecamatan yang sama yaitu Desa Tkanakan dan Desa Ambat.

Newsroom

Haya/Amri Rusdiana

Tags:
Donation Confirmation
en_USEnglish
id_IDBahasa Indonesia en_USEnglish