RUMAH ZAKAT ACTION MEMBANTU PADAMKAN KARHUTLA DI KEBUN RAYA SRIWIJAYA

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

PALEMBANG, Jum’at (20/09). Rumah Zakat action membantu memadamkan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kebun Raya Sriwijaya, Sumatera Selatan, dengan menerjunkan 9 orang relawan.

Sugandi coordinator Rumah Zakat Action mengungkapkan bahwa Tim terbagi dalam 2 kelompok yaitu pos segar yang berada di posko utama dan satu tim lagi membantu BPBD dalam pemadaman kebakaran.

“Sebelum ikut dalam aksi memadamkan api di lokasi, Tim Relawan Rumah Zakat Action Sumsel juga mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis di sekitar tempat kabakaran melanda”, tuturnya.

Menurut Sugandi Sebanyak lebih dari 70 penerima manfaat mendapatkan layanan pemeriksaan kesehatan umum, konsultasi dokter, pemberian obat dan pembagian masker gratis.

Dalam rangka sinergi untuk memudahkan, Rumah Zakat terus berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sumatera Selatan selama beberpa hari terakhir ini.

“BNPB maupun Rumah Zakat sama-sama sepakat untuk mengatasi permasalahan karhutla bersama yang menyebabkan kabut asap di Palembang dan beberapa kabupaten kota lainnya. Perjalanan yang memakan waktu 1,5 jam dari kantor Rumah Zakat, melewati lahan gambut yang gersang dan ketika berada di lokasi, terlihat asap yang dsri lahan terbakar”, Tutur Gandi.

Pemadaman yang di koordinir oleh Gata dari Basarnas. Ia ini memutuskan untuk memadamkan ke daerah belakang  dari posko utama.

Saat ini Rumah Zakat Action terus berjibaku menyiram titik yang dianggab berpotensi menyebabkan api kembali membesar.

Newsroom

Lailatul Istikhomah / Hanaa Afifah

Tags :
Donation Confirmation