RUMAH ZAKAT DUKUNG GERAKAN PENGHIJAUAN KOTA BEKASI

BANDUNG. Permasalahan lingkungan hidup di kota begitu kompleks. Permasalahan tidak terbatas pada kondisi sosialnya, namun juga pada komponen lingkungan lainnya. Permasalahan yang ada mulai dari ketersedian air bersih, sanitasi, polusi, kemacetan, sampai kepada berkurangnya ruang terbuka hijau. Keterbatasan lahan dan peningkatan jumlah penduduk setiap tahun menyebabkan kota menjadi padat. Akhirnya, kedua faktor tersebut dapat menimbulkan kekumuhan kota.

Aktivitas kota akan mempengaruhi kualitas lingkungan perkotaan. Kota dengan kegiatan industri, perdagangan, dan jasa  yang intensif akan menimbulkan permasalahan lingkungan. Kompetisi penggunaan lahan yang terjadi antara guna lahan dengan fungsi ekonomis, seperti perdagangan dan jasa, industri serta pemukiman, mendesak keberadaan ruang terbuka bervegetasi. Untuk mengatasi kekumuhan kota juga meminimalisir efek global warming tentu perlu adanya sebuah tindakan nyata yang tidak hanya membahas dalam seminar dan kajian belaka. Maka untuk mewujudkan upaya nyata tersebut, Rumah Zakat menggelar eventpenanaman 100 pohon non produksi.

Penanaman pohon ini dilakukan di RW 11 Kelurahan Margahayu Bekasi Timur, Kamis (17/5) dengan mengajak para pemuda karang taruna untuk ikut serta dalam penanaman pohon ini. “Kami sangat senang dengan adanya program penghijauan ini karena wilayah kami jadi tambah sejuk dan cerah. Semoga penanaman 1000 pohon ini dapat juga dilakukan di wilayah lain kota Bekasi”. ujar Ketua Karang Taruna RW 11.

Program penanaman pohon ini juga akan dilakukan tiap bulan dengan wilayah yang berbeda, harapannya ke depan ada lebih banyak lagi program yang sama di daerah lain dan dapat memenciptakan lingkungan yang hijau dan lestari seta turut andil dalam upaya meminimalisir pemanasan global.***

Newsroom/Akhmad Nur Rahmadian

Bandung

Tags :
Donation Confirmation