RUMAH ZAKAT TERUS DAMPINGI PENERIMA MANFAAT KELOLA KEBUN GIZI

Rumah Zakat terus ajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan dengan kegiatan budidaya tanaman sayur.

LOMBOK TENGAH, RUMAH ZAKAT – Rendahnya minat berbudidaya tanaman sayur menjadi hal lumrah dimusim kering, ketersediaan air menjadi salah satu kunci masalah petani saat ini. Hal itu lah yang menyebabkan banyaknya lahan persawahan yang mangkrak dijadikan lapangan bola dan tempat main layang-layang.

Melalui program pemberdayaan, Rumah Zakat terus berupaya untuk bisa memanfaatkan hal tersebut. Salah satunya melalui kegiatan budidaya tanaman sayur yang dilakukan di Gonjak Daye RT 01 Lingkungan Gonjak, Kelurahan Gonjak, Lombok tengah.

Murni merupakan salah satu penerima manfaat yang sudah menanam sayur sejak 1 bulan yang lalu dan kini sudah siap panen. Jenis sayuran yang ditanam meliputi jagung, sawi, kacang tanah, ubi dan singkong.

“Kegiatan budidaya sayuran sengaja dilakukan dimusim kering ini sebagai tanaman budidaya alternatif,” ungkap Murni, Selasa (29/09).

Meskipun area tanam Murni tidak terlalu luas, namun mampu memberi inspirasi bagi para petani yang lain untuk bisa mengelola tanah persawahan secara maksimal.

Newsroom

Ali/Amri Rusdiana

Tags:
Donation Confirmation
en_USEnglish
id_IDBahasa Indonesia en_USEnglish