RZ BANTU KURANGI KETERGANTUNGAN PETANI PADI AKAN RENTENIR

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

RZ LDKO CilegonPALEMBANG. Masyarakat yang tinggal daerah transmigrasi sungai musi dan selat bangka mempunyai mata pencaharian sebagai petani padi. Akses yang begitu sulit dan hanya bisa ditempuh dengan jalur laut, membuat biaya hidup didaerah ini sangat tinggi dengan penghasilan yang begitu rendah.

Sehingga tidak heran, masyarakat di wilayah tersebut mau tidak mau harus berhutang dengan tetangga mereka sendiri dengan bunga yang cukup tinggi sehingga setiap kali panen petani harus pintar-pintar mengatur keuangan untuk bayar hutang dan kebutuhan sehari-hari.

Melihat kondisi tersebut, RZ cabang Palembang selaku lembaga pemberdayaan masyarakat melakukan pemberdayaan petani di desa panca mukti kelurahan Meara Telang dengan jumlah awal 12 orang berupa bantuan modal usaha.

Program ini bertujuan untuk mengembangan skill dalam hal pertanian, sehingga kedepanya para petani tidak lagi bergantung pada rentenir dan lainya. Tidak hanya itu, RZ juga akan terus menggulirkan program pemberdayaan lain diwilayah ini.

Selain itu, para petani dibina untuk mengeluarkan keawajibanya membayar zakat pertanian sehingga hasil dari sawahnya bisa makin berkah serta hasilnya semakin meningkat. “Dengan adanya program pemberdayaan petani ini biharapkan bisa menjadi barometer petani didesa lain sehingga produk yang dihasilkan meningkat dan berkwalitas tinggi,” Aris Gunawan mentor Pemberdayaan Petani. (19/10).***

Newsroom/Wahyudi
Palembang

Tags :
Donation Confirmation