RZ SALURKAN 21.000 LITER AIR BERSIH DI SUSUN PELLAN KERREP SUMBER KARE

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

RZ LDKO CilegonPROBOLINGGO. Dusun Pellan Kerrep Sumber Kare Kec. Wonomerto merupakan salah satu daerah kekeringan terparah. Daerah ini merupakan perbukitan dengan kontur tanah padas berbatu, sehingga tidak memungkin untuk membuat sumur. Untuk memenuhi kebutuhan Air warga memanfaatkan sungai tadah hujan yang berjarak 1 km yang hanya ditempuh dengan jalan kaki itupun medannya menurun terjal.

Kaum wanita yang bertugas mencari Air didaerah ini, dengan berbekal timba dan gayung mereka menyusuri jalan yang gersang dan panas. Uniknya timba yang telah penuh diisi Air tidak dipikul atau dijinjing tangan, melainkan dipikul diatas kepala.

Hal ini dilakukan setiap hari oleh para perempuan didesa ini. Timba yang mencapai berat 30 kgz mereka bawa santai dikepala walaupun dibawah terik matahari dan medan terjal, padahal jika kita berjalan kesungai tanpa mebawa beban apapun akan terasa ngosngosan.

Bisa terbayang ketangguhan perempuan-perempuan Desa Sumberkare dan kuatnya leher mereka. Mereka menderita kekeruangan air bisa dikatakan sepanjang tahun.

Kemarau panjang tahun ini menambah penderitaan warga. Sungai tadah hujan sumber mataair mereka kering gersang. hanya tersisa hamparan batu pasir yang panjang. Untuk memenuhi kebutuhannya warga rela antri disumurbor dengan jarak 5km dari rumah mereka.

Program Bantuan Air Kehidupan RZ memberikan senyum kesejukan bagi Warga. Selasa (20/10) melalui Relawan Inspirasi, RZ menyuplai Air Bersih sejumlah 21.000 L yang disebar kelima titik didusun pellan kerrep ini.

Warga berduyun suyun antri mengambil Air. Ember dan jerigen mereka bawa untuk menadapatkan air. Terlihat ratusan ember tertata rapi antri untuk diisi Air.

Sukijan (50 th) menuturkan “Terimakasih RZ mengirimkan air kembali, Airnya sejuk dan segar. Semoga Donaturnya mendapatkan pahala berlipat-lipat dari Allah SWT”. sebelumnya RZ telah menyuplai air didaerah ini 14.072 L dibulan Agustus dan 19.000 L dibulan September. Air yang disuplai berasal dari sumber mata air salah satu perusahaan isi ulang yang memang sejuk dan segar.

Tak hanya Sukijan, Niti (82 th) dan Tiryo (64 th) saat mengantri air mereka membawa gelas kemudian mengambil air langsung diminum. “Wah seger Mas Airnya, disini tidak ada air sesegar ini” tutur Tiryo setelah meminum Air.

Tua Muda terlihat ikut antri dalam penyaluran air ini. Mayoritas adalah kaum perempuan. Ember terisi penuh langsung dibawa diatas kepala oleh warga kerumah masing-masing.

Suatu pengharapan yang luar biasa ingin merasakan mudahnya mendapatkan Air. Seluruh warga sumberkare mengucapkan terimakasih atas suplai air bersihnya kepada Donatur RZ. Atas keikhlasan Donatur menyumbang ke RZ kami bisa terbantu.

“Semoga Allah SWT membalas reski yang barokah dan mencatat sebagai amal jariyah. Dan tak lupa terimakasih kepada RZ yang telah membatu penyalurab Air ini. Semoga RZ semakin dilercaya oleh Donatur untuk menyurkan ZisWafnya ke RZ. Aamiin,” tutur Fuad Syaifullah selaku Relawan Inspirasi RZ.***

Newsroom/Rico A Yuza
Probolinggo

Tags :
Donation Confirmation