SD JUARA CILEGON PERINGATI HARI BATIK NASIONAL

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

RZ LDKO CilegonCILEGON. Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada Hari Jum’at, 2 Oktober 2015, SD Juara Cilegon mengadakan kegiatan belajar membuat batik jumputan sehari sebelumnya yakni pada hari Kamis (01/10/2015).

Kegiatan membatik ini dilakukan secara berkelompok. Walau dibuat berkelompok, setiap siswa wajib membuat satu karya batik berbentuk sapu tangan dimana alat dan bahan seperti baskom, kelereng, karet dan batu kerikil dibawa oleh siswa dari rumahnya masing-masing. Sedangkan bahan lainnya seperti kain dan pewarna pakaian disiapkan oleh guru walikelas masing-masing.

Walikelas 1, Mirnawati menjelaskan tahap awal yang dilakukan adalah membuat pola dengan mengikatkan kelereng atau batu kerikil pada kain dengan menggunakan karet secara kendang. Dengan demikian, motifnya akan tampak dari hasil ikatan kelereng atau batu tersebut.

“Setelah proses pembuatan pola atau motif kelompok yang sudah selesai, anak-anak dapat mewarnai kain mereka dengan cara merendam kain tersebut ke dalam air hangat yang telah dicampur oleh pewarna selama kurang lebih 5 menit,” tutur guru yang biasa dipanggil oleh anak-anak SD Juara Cilegon dengan panggilan Bu Mirna.

“Setelah kain direndam, kemudian dijemur di terik matahari sampai kering. Jika sudah kering, selanjutnya mereka melepaskan ikatan kelereng atau batu kerikil yang sebelumnya untuk membuat pola. Nah, jadilah batik jumputan hasil karya siswa-siswi SD Juara Cilegon”, lanjutnya.

Sementara itu, walikelas 1 SD Juara Cilegon Siti Nurasiah memaparkan bahwa kegiatan belajar membuat batik ini dilakukan supaya anak dapat mengenal salah satu kebudayaan yang ada di Indonesia dan supaya mereka juga mau mencintai produk dalam negeri kita sendiri salah satunya batik.***

Newsroom/Susanto Santawi
Cilegon

Tags :
Donation Confirmation