SD JUARA CIMAHI CERIA DENGAN READATHON

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

CIMAHI (16/11). Menanamkan budaya gemar membaca memang bukan hal yang mudah. bagi siswa-siswi yang masih duduk di Sekolah Dasar, kebiasaan membaca itu perlu dilatih sejak dini. Dalam hal ini, Fasilitator Pendidikan Rumah Zakat memiliki program untuk menanamkan budaya gemar membaca bagi anak-anak Indonesia. Kegiatan Readathon, begitu sebutannya. Kegiatan Readathon atau kegiatan membaca secara bersama-sama yang berlangsung singkat hanya dalam waktu sekitar 42 menit. Readathon ini diambil dari istilah lari marathon sejauh 42 Km.

Alhamdulillah Allah limpahkan kenikmatan salah satunya cuaca yang cerah setelah beberapa hari langit di atas SD Juara selalu diselimuti hujan. Setelah melaksanakan pembiasaan pagi seperti Dzikir Asmaul Husna, Shalat Dluha dan berdo’a, seluruh siswa-siswi berkumpul dilapangan. Bertempat di SD Juara Cimahi Jl. Rorojongrang II RT 3 RW 4 Kelurahan Melong Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi tim Rumah Zakat menggelar kegiatan Readathon.

Beralaskan terpal, bapak dan ibu guru serta semua siswa duduk lesehan dilapangan. Tidak lupa setiap orang membawa buku bacaan masing-masing. Saatnya mereka melaksanakan kegiatan Readathon. Semua peserta Readathon larut dalam tulisan dalam buku.
Lembar demi lembar buku itu pun selesai mereka baca. Tak terdengar yang berbicara atau sekedar bersuara. Semua senyap, hanya musik bambu terdengar sanyup dari speaker sekolah.

Beragam ekspresi wajah nampak, mungkin terbawa perasaan dengan bacaan yang sedang dibacanya. Setelah sekitar 30 menit, beberapa telah selesai membaca. Beberapa anak mulai berbincang sekedar berbagi cerita seru dari buku yang mereka baca. Sungguh waktu yang sangat berharga, semoga kecintaan pada membaca terus tumbuh dan semakin kuat di dalam diri mereka.”Senangnya bisa kumpul sama-sama sambil membaca buku cerita. Bisa tukeran buku cerita juga.” kata Ibrahim siswa kelas 1 SD Juara Cimahi.

Newsroom
Jajang Sudarsa/Silvia Zakiah Itsnaini

Tags :
Donation Confirmation