SELAMAT HARI RAYA IDULFITRI 1430 H

Oleh : Rachmat Ari Kusumanto

Bulan Ramadhan telah berlalu. Taqoballahu Minna Waminkum shiyamana wa shiyamakum. Semoga Allah menerima semua amal ibadah kita di bulan suci penuh berkah. Tak lupa pula, kami mengucapkan maaf lahir dan batin bila selama ini ada kehilafan yang membuat hati Sobat Zakat terluka.

Sobat, sungguh sebuah hal yang luar biasa dapat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan. Saya masih teringat rasa nikmat yang diecap tatkala meneguk segelas air putih dan beberapa butir kurma saat berbuka puasa. Sungguh sebuah kelezatan yang tiada bandingannya dan tidak mungkin  didapatkan di hari-hari yang tak dihiasi ibadah shaum.

Kenikmatan itu bertambah lengkap manakala kami para amil Rumah Zakat melaksanakan amanah dari Sobat Zakat untuk menyalurkan sebagian rezeki di bulan suci. Masih teringat dengan jelas bagaimana senyum anak-anak yatim itu mengembang tatkala melahap makanan Berbagi Buka Puasa kemudian menerima kado lebaran, serta tetesan air mata bahagia orangtua yang berada di panti jompo saat menerima bingkisan hari raya Idulfitri.

Namun kebahagiaan dalam merasakan indahnya Ramadhan tak secara merata dirasakan oleh seluruh umat muslim. Pada hari ke-12 Ramadhan, gempa bumi melanda sebagian wilayah Jawa Barat. Ribuan rumah rusak, sehingga puluhan ribu saudara kita harus menjalankan ibadah Ramadhan di tenda pengungsian.

Adanya gempa bumi ini merupakan ladang amal tambahan baik seluruh umat muslim di dunia. Alhamdulillah, kepedulian yang diimplementasikan dalam berbagai bantuan pun muncul dari berbagai pihak termasuk dari Sobat Zakat di seluruh nusantara. Semoga apa yang telah kita lakukan ini dapat sedikit meringankan kesulitan yang tengah mereka alami.

Sobat, meski Ramadhan tak lagi bersama, spirit ketakwaan itu tak boleh pudar. Solat, shaum, tadarus dan bersedekah harus tetap menjadi amalan yang mengiringi setiap hembusan nafas kita. Mari bersama-sama kita mulai dengan shaum syawal selama enam hari yang disertai qiyamul lail di malamnya. Semoga Allah menjadikan kita golongan yang mendapat ampunan dan kasih sayangNya.#

Tags :
Donation Confirmation