SETELAH BANGUN TIDUR BAIKNYA LAKUKAN HAL BERIKUT

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

Ada beberapa aktivitas setelah bangun tidur yang sebaiknya kita lakukan terlebih dahulu sebelum berdiri atau bangkit dari tempat tidur. Apa sajakah?

1. Membaca Do’a Bangun Tidur

Masa’ sih bangun tidur lupa bersyukur? Yuk biasakan membaca doa begitu mata terbuka.

“Alhamdulillaahilladzii ahyaanaa ba’damaa amaatanaa wa ilaihinnusyuur.”

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah Dia mewafatkan (menidurkan) kami, dan kepada-Nya kami dibangkitkan.” (HR. Al-Bukhari)

2. Mengusap Bekas Tidur yang Ada di Wajah dengan Tangan

Ketika bangun tidur pasti kita menemukan ada banyak yang lengket dan menempel di area mata maupun bibir. Nah, membersihkannya terlebih dahulu termasuk apa yang dilakukan oleh Rasulullah.

Imam an-Nawawi dan al-Hafizh Ibnu Hajar mengatakan bahwa hal ini dianjurkan berdasarkan hadist Rasulullah Salllahu ‘Alaihi wa Salam:

“Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bangun tidur kemudian duduk sambil mengusap bekas tidur dari wajahnya dengan tangannya.” (HR. Muslim)

3. Buka Mata dan Duduk 1-2 Menit

Hal ini dimaksud supaya diri kita dapat mengembalikan kesadaran dan tingkat keseimbangan badan . posisi tidur yang lama membuat diri kita butuh penyesuaian Sahabat Ummi. Dengan begitu tingkat kesadaran dan aliran darah mengalir normal.

4. Atur Nafas

Pengaturan nafas yang baik diperlukan sebelum berdiri dan beranjak jalan, hal ini berfungsi oksigen yang masuk kedalam tubuh mencukupi sehingga kita tidak terasa pusing.

5. Meregangkan Tubuh

Peregangan tubuh seperti merentangan tangan ke atas atau ke samping kiri dan kanan secara perlahan sangat dibutuhkan. Karena hal ini akan membantu melancarkan sirkulasi darah dan membuat kita merasa lebih aktif.

Bangun tidur yang tiba tiba dan langsung berdiri selain dapat membuat dislokasi tulang pinggul, sinkope atau rasa hampir pingsan bahkan anaemic dan mengalami gagal jantung karena kekurangan darah bisa menyebabkan kematian.

Sumber: ummi-online.com

Tags :
Donation Confirmation