SISWA SD JUARA PEKANBARU GELAR TEATRIKAL SEJARAH SUMPAH PEMUDA

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

RZ LDKO CilegonPEKANBARU. Peserta Didik SD Juara Pekanbaru Kelas IV, V dan VI beserta para Guru memasuki Dunia Sejarah mengenai Sumpah pemuda yang diperankan oleh Peserta Didik Kelas IV dibawah bimbingan Guru Kelas Bapak Taufik Hidayat, S.Pd. Turut hadir sejumlah Jurnalis cilik yang diperankan oleh Peserta Didik Kelas VI SD Juara Pekanbaru.

Acara dibuka oleh Kepala Sekolah SD Juara Pekanbaru Bapak Suriksodi Saputro, ST. yang mengantarkan kisah Sumpah Pemuda. Lajjang Lail Nurjati memerankan tokoh Mohammad Yamin, Attailah Adi Saputra memerankan tokoh Ir. Soekarno, Raditya Saka Putrama sebagai Sugondo Djoyo Puspito, Regina Riani Putri dan Rezky Fauziah sebagai wakil dari Jong Sumatranenbond, dan beberapa orang lagi memerankan sebagai utusan dari daerah perkumpulan pemuda dari berbagai daerah. Mereka menampilkan peristiwa Sumpah Pemuda.

Rapat Pertama dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 Oktober 2015 di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB), Waterlooplein (sekarang Lapangan Banteng). Rapat pertama dilanjutkan dengan uraian Muhammad Yamin tentang arti dan hubungan persatuan pemuda. Menurutnya, ada lima faktor yang bisa memperkuat persatuan Indonesia yaitu sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan dan kemauan.

Rapat Kedua, dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2015 di Gedung Oost-Java Bioscoop membahas masalah pendidikan. Rumusan Sumpah Pemuda ditulis Moehammad Yamin pada sebuah kertas ketika Mr. Sunario sebagai utusan kepanduan tengah berpidato pada sesi terakhir kongres. Sumpah tersebut awalnya dibacakan oleh Soegondo dan kemudian dijelaskan panjang lebar oleh Yamin.

Agenda ini membuat Adi (panggilan Attailah Adi Saputra) senang, bangga dan merasa ingin semakin mengenal sosok Ir. Soekarno yang diperankannya. Adi yang memiliki cita-cita sebagai Koki ini berlatih sejak hari Rabu sangat antusias memerankan tokoh tersebut. Adam dan Lajjang juga merasa senang, dan mereka juga mengetahui sosok yang diperankannya. Semoga anak-anak ini dapat menjadi Tokoh-tokoh Islam besar yang membawa Negeri dan Agama ini menjadi lebih baik.***

Newsroom/Fitriyah
Pekanbaru

Tags :
Donation Confirmation