SISWA SMP JUARA PEKANBARU SISIHKAN UANG JAJAN UNTUK BERQURBAN

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

SISWA SMP JUARA PEKANBARU SISIHKAN UANG JAJAN UNTUK BERQURBANPEKANBARU. Walaupun Idul Adha masih beberapa bulan lagi, tapi anak-anak SMP Juara Pekanbaru sudah mulai menabung untuk berqurban dimulai dari beberapa bulan yang lalu. Semangat untuk berqurban sudah terlihat dari antusiasme mereka menabung, seperti halnya anak-anak kelas 7 Madinah.

Pada hari Rabu (04/05) seperti yang telah disepakati sebelumnya, hari itu adalah hari terakhir mengisi tabungan qurban di kelas 7 Madinah. Beberapa bulan lalu tepatnya di awal semester genap, salah satu target yang dibuat bersama wali kelas adalah menyisihkan sebagian uang jajan untuk kembali bisa belajar berqurban di tahun ini.

Anak-anak membuat sendiri celengannya dari botol bekas air mineral, kemudian menempelkan target maksimal (nominal rupiah yang mereka tentukan sendiri) yang akan mereka capai untuk tabungan qurban. Sebelumnya masing-masing anak memiliki target minimal yang sama yakni mengumpulkan tabungan minimal sebanyak Rp 75.000. Beragam target dan harapan dibuat berdasarkan kesanggupan masing-masing anak.

Setiap paginya setelah pembiasaan di kelas bu Fitri, wali kelas 7 Madinah memberikan celengan kepada anak-anak untuk mereka isi, setelah diisi celengan tersebut dikumpulkan kembali. Sebagai salah satu upaya untuk memotivasi anak-anak menabung, bu Fitri pun ikut menabung untuk qurban bersama anak-anak. Jadi setiap paginya ada 26 buah celengan yang dibawa ke kelas.

“Alhamdulillah anak-anak sudah memenuhi target minimal mereka dengan mengumpulkan tabungan sebanyak Rp 75.000 dan Ada 4 orang anak ada melampaui target yang telah mereka buat, mereka adalah Novita, Rido, Yuda dan Andreansyah. Walau begitu masih ada 4 orang siswa yang belum memenuhi targetnya,” papar bu Fitri, wali kelas 7 Madinah saat perhitungan terakhir tabungan qurban.

“Belajar menabung untuk berqurban rutin dilakukan anak-anak SMP Juara Pekanbaru sejak dulu. Ini juga menjadi salah satu penilaian dalam core value yang merupakan ke-khas-an sekolah Juara RZ. Selain belajar membuat target, menabung untuk berqurban menjadi salah satu latihan bagi anak-anak Juara untuk dapat melatih sikap sosial emosional,” jelas Syahrul Padilah, Kepala sekolah SMP Juara Pekanbaru.

Newsroom/Syahrul Padilah
Pekanbaru

Tags :
Donation Confirmation