SITUATION REPORT RUMAH ZAKAT ACTION TSUNAMI SELAT SUNDA

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

LAMPUNG(23/12). Bencana tsunami pada Sabtu, 22 Desember 2018 kemarin terjadi sekira pukul 21.03 WIB. Lokasi paling terdampak yakni daerah Pantai Tanjung Lesung, Sumur, Teluk Lada, Penimbang dan Carita.

Tsunami ini terjadi kemungkinan disebabkan oleh meluapnya air akibat erupsi Gunung Anak Krakatau dan menghasilkan gelombang pasang hingga ke permukaan. Dua kombinasi tersebut menyebabkan tsunami yang terjadi tiba-tiba yang menerjang pantai. BMKG masih berkoordinasi dengan Badan Geologi untuk memastikan faktor penyebabnya.

Dampak dari terjadinya bencana tsunami ini menyebabkan kerusakan bangunan dan tempat tinggal, serta banyaknya korban jiwa di sepanjang pesisir Banten dan Lampung.

Jumlah korban Jiwa tercatat di Kab. Lampung Selatan sebanyak 8 Orang meninggal dunia dan 103 Orang mengalami luka-luka. Kemudian di Kab. Pandeglang sebanyak 92 Orang meninggal dunia, 2 Orang hilang, dan 476 Orang mengalami luka-luka. Sementara itu, di Kab. Serang tercatat 26 Orang hilang, 9 Orang meninggal dunia, dan 6 Orang mengalami luka-luka. Total korban jiwa sebanyak 109 Orang Meninggal Dunia, 28 Orang Hilang, dan 585 Orang mengalami luka-luka.

Selain korban jiwa, pendataa kerugian materil juga tercatat kerusakan bangunan di Kab. Lampung Selatan sebanyak 30 Unit rumah roboh, di Kab. Pandeglang sebanyak 443 Unit rumah rusak parah, 390 Unit perahu ditemukan rusak, 9 Unit Hotel roboh tersapu air laut, sejumlah 10 Unit kendaraan roda empat Mobil rusak Motor 47 Unit rusak, dan 60 Unit warung rusak tidak terselamatkan. Dan di Kab. Serang masih dalam pendataan.

Dalam menanggapi bencana tsunami yang terjadi, Rumah Zakat telah melakukan aksi dengan menerjunkan 20 personel relawan untuk membantu mengevakuasi korban, selanjtnya melakukan Assessment kebutuhan warga terdampak dengan menyiapkan bantuan logistic dan melayani bantuan medis dengan menyediakan 3 Armada ambulans, 5 sepeda motor, 1 unit mobil.

Kebutuhan yang mendesak saat ini adalah logistic untuk mengevakuasi korban, Logistik bahan makanan, dan bantuan medis yang lebih banyak lagi.

Adapun alamat Pos Rumah Zakat Action diantaranya ada di Kantor Cabang Cilegon, Jl. Letjend R Soeprapto No 25 G Cilegon. Kantor Cabang Bandar Lampung, Jl. Jend Sudirman No 59 Kota Bandar Lampung. Rumah Zakat Tangerang Ruko Victoria Park, Jl. Imam Bonjol Blok A2 No. 19A Tangerang.

Newsroom

Ali Nurhasan/ Silvia Zakiah Itsnaini

Tags :
Donation Confirmation