SUKA CORAT-CORET? KEBIASAAN ITU MEMBUATMU LEBIH FOKUS

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

suka-corat-coret-buku-kebiasaan-baik-yang-membuatmu-lebih-fokusSetiap orang punya kebiasaan unik yang berbeda-beda, salah satunya adalah doodling atau mencorat-coret buku. Kamu mungkin punya teman seperti ini, atau mungkin justru kamu sendiri yang seperti ini ketika SMP, SMA, kuliah atau bahkan saat kerja.

Mungkin banyak orang kesal melihatnya, karena kesannya orang seperti ini tidak sopan, jarang memperhatikan dan acuh tak acuh, tapi ternyata justru sebaliknya lho. Sebuah penelitian yang dilakukan psikolog Jackie Andrade dari University of Plymouth menunjukkan bahwa orang yang suka menggambar corat-coret sebenarnya justru mengingat lebih baik daripada mereka yang tidak suka corat-coret.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Applied Cognitive Psychology itu mengatakan bahwa orang yang suka doodling ternyata memiliki konsentrasi dan fokus yang lebih tinggi. Mereka justru memperhatikan pelajaran dan topik pembicaraan lebih baik.

Profesor Jackie Andrade mengatakan, “Jika orang melakukan hal membosankan, seperti mendengarkan ceramah atau presentasi, mereka akan mulai melamun. Dan melamun bisa mengalihkan perhatian dari tugas atau topik yang sedang dibahas. Hal sederhana seperti menggambar dan corat-coret buku bisa mencegah orang melamun namun tidak mengganggu fokusnya terhadap materi yang sedang dibahas.”

Jadi, itulah mengapa seringkali justru orang yang suka doodling atau corat-coretlah yang biasanya punya pemahaman yang lebih kuat atau punya pertanyaan cerdas yang seringkali tak terpikirkan oleh orang lain menyangkut materi yang sedang dibahas.

Ternyata, sebenarnya otaknya bekerja lebih efektif memahami materi, daripada orang yang hanya mendengar dan melihat. Dengan kata lain, punya kebiasaan doodling sebenarnya baik kok.

Sumber: vemale.com

Tags :
Donation Confirmation