SUPLAI CADANGAN PAKAN, BUMMAS WARAK BERDAYA BUAT PAKAN FERMENTASI

BUMMas Warak Berdaya Farm membuat pakan fermentasi sebagai strategi untuk menyediakan pakan yang lebih awet dan lebih bergizi bagi ternak.

SALATIGA, RUMAH ZAKAT – Badan Usaha Milik Masyarakat (BUMMas) Warak Berdaya Farm merupakan unit usaha yang bergerak di bidang peternakan kambing dan domba. Selain itu, BUMMas juga membuat pakan fermentasi karena dinilai lebih awet dan bernilai gizi tinggi bagi ternak.

Trimo Wahyudi, pengelola kandang ternak Warak Berdaya Farm mengatakan bahwa di musim penghujan seperti sekarang ini para peternak harus punya strategi penyediaan pakan bagi peternak. Ini pula yang dilakukan oleh kelompok.

Pakan fermentasi ini lebih efektif yaitu dengan mencacah dedaunan atau rumput kemudian dicampur EM4, tetes tebu, dan katul kemudian disimpan di drum yang rapat. Setelah tiga sampai 4 hari, pakan fermentasi siap diberikan kepada ternak.

“Kami mencari rumput atau hijauan lima hari sekali kemudian dibuat fermentasi. Strategi pembuatan pakan ini sangat efektif lebih-lebih di musim hujan yang tidak setiap hari bisa mencari rumput. Dengan cara ini pakan lebih bergizi dan awet,” kata Trimo Wahyudi, Minggu (01/12).

Dwi Pujiyanto, Relawan Rumah Zakat mengatakan bahwa ia memberikan pembinaan kepada anggota agar meninggalkan cara lama atau tradisional dalam beternak.

“Hendaknya peternak memiliki inovasi dari peternak pada umumnya. Agar usaha bisa berkembang menjadi lebih baik. Seringkali ia juga mengajak binaannya untuk belajar ke peternak lain yang sudah sukses untuk belajar dan mencari wawasan,” kata Dwi.

Saat ini BUMMas Warak Berdaya Farm memelihara sekitar 20 ekor kambing dan domba.

Newsroom

Dwi Pujiyanto/Amri Rusdiana

Tags:
Donation Confirmation
en_USEnglish
id_IDBahasa Indonesia en_USEnglish