SYAHRIAL, HARAPAN BARU MELALUI USAHA BUDIDAYA JAMBU MADU

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

RZ LDKO CilegonBANDA ACEH. Inilah yang menjadi tekad pak Syahrial dalam usahanya yaitu Budidaya Jambu Madu. Sebelumnya, pak syahrial adalah Calon Penerima Manfaat yang direkomendasikan donatur untuk di bantu karena Pada kejadian tsunami besar Aceh tahun 2004, Pak Syahrial menjadi salah satu korbannya.

Beliau menderita infeksi menahun di bagian kakinya, dan hingga sekarang, bila luka beliau terkena air kotor, maka infeksinya akan kembali kambuh. Dengan kondisi seperti itu, tidak banyak pilihan pekerjaan yang bisa dilakukan oleh Pak Syahrial.

Berdasarkan hasil rekomendasi tersebut terhadap Pak Syahrial, usaha yang memungkinkan untuk beliau jalankan adalah budidaya jambu madu, mengingat potensi pasar jambu madu masih cukup besar di Aceh dan sekitarnya, serta jumlah pembudidaya yang masih minim di wilayah Aceh.

Jambu Madu merupakan tanaman khas Sumatera Utara (Sumut), sehingga bibit yang akan dibudidayakan oleh Pak Syahrial, harus didatangkan langsung dari Sumut. Pak Syahrial belajar membudidayakan Jambu Madu dari tetangga beliau yang juga memelihara pohon tersebut.

Bantuan yang pak Syahrial terima digunakan untuk pengadaan 60 bibit tanaman Jambu Madu, pembelian pot, selang dan pompa penyiraman tanaman, serta perlengkapan dan peralatan pendukung lainnya. Bibit Jambu Madu yang telah dibeli, kemudian ditanam dengan menggunakan pot di halaman bagian samping rumah Pak Syahrial. Ke depannya, Pak Syahrial tidak hanya membesarkan bibit yang ada, namun juga melakukan pembibitan, sehingga beliau tidak hanya menjual buah saja, namun juga menjual bibit Jambu Madu.

“Alhamdulillah, kami bersyukur bersyukur sekali dapat bantuan usaha ini, sudah lama ingin budidaya jambu madu tapi terkendala di modal, Alhamdulillah Donatur dan RZ hadir, Semoga Allah membalas kebaikan RZ dan donatur” Ucap Syahrial, Penerima Manfaat.***

Newsroom/Susilowati
Banda Aceh

Tags :
Donation Confirmation