TERJEBAK LUMPUR, MTT SUMBAGSEL DAN RZ TETAP GELAR AKSI SIAGA SEHAT DI PALEMBANG

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

TERJEBAK LUMPUR, MTT SUMBAGSEL DAN RZ TETAP GELAR AKSI SIAGA SEHAT DI PALEMBANGPALEMBANG. Kesehatan merupakan aspek penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Jika tubuh kurang sehat maka segala aktivitas kita akan terhambat. Namun, tidak semua orang di berbagai daerah memiliki akses kesehatan yang terjangkau dan murah seperti di perkotaan. Di perkotaan, kita mudah menemukan rumah sakit ataupun klinik praktik dokter umum begitu juga dengan apotek untuk membeli obat-obatan yang dibutuhkan.

Namun hal itu berbeda dengan kondisi di perdesaan, tak sedikit warga harus menempuh jarak berpuluh kilo meter untuk mendapatkan layanan kesehatan, baik dengan menggunakan kendaraan maupun berjalan kaki.

Untuk itu, melalui sinergi yang terjalin antara Majelis Taklim Telkomsel (MTT) Sumbagsel dan RZ Cabang Palembang mengadakan Aksi Siaga Sehat, yang berupa memberikan layanan berobat gratis dengan dokter umum, tensi darah, tes metabolik, penyuluhan kesehatan oleh dokter dan pembagian makanan tambahan (PMT) untuk anak usia 1-10 tahun.

Kegiatan ini dilaksanakan pada (23/08) hingga (24/08) di Desa Sungai Pedado Kel. Keramasan Kec. Kertapati dan Desa Bunga Karang Kec. Tanjung Lago Kab. Banyuasin, Sumatera Selatan. Warga sekitar kesulitan untuk mendapatkan layanan kesehatan dari dokter spesialis maupun dokter umum.

Bagi warga desa Bunga Karang akses kesehatan terdekat hanya berobat pada bidan setempat, sedangkan untuk mencapai Puskesmas terdekat harus menempuh jarak 10 -15 Km, dengan kondisi jalan cukup terjal dan berlubang, jika hujan akan semakin sulit untuk menuju Puskesmas. Oleh karena itu kehadiran Aksi Siaga Sehat disana sangat amat membantu warga untuk mendapatkan layanan kesehatan yang gratis dan berkualitas.

Adapun jalanan terjal dan berlubang pun dilalui tim RZ Palembang dan Regional Support MTT Sumbagsel saat menuju lokasi siaga sehat di kantor Kepala Desa Bunga Karang, bahkan mobil yang ditumpangi sempat terjebak di jalanan berlumpur sehingga harus didorong.

“Driver, relawan RZ, tim medis laki-laki lainnya dan seorang warga yang diutus Kepala Desa Bunga Karang untuk menjemput kami saling bahu-membahu mendorong mobil. Alhamdullilah Tim bisa sampai tepat waktu dan kegiatan pengobatan MTT Sumbagsel tetap berjalan dengan baik.” ungkap Retno Setyorini, Project Monev RZ. Sebanyak 395 orang yang terlayani pengobatan gratis di 2 (dua) desa tersebut.

Ibu Elia (28) beberapa waktu lalu baru saja mengalami kecelakaan yang menyebabkan beliau kesulitan untuk berjalan sehingga harus dibantu dengan tongkat saat berjalan. Beliau kesulitan jika harus memeriksakan lukanya ke dokter, akses pengobatan terdekat hanya berobat ke Bidan Desa, sehingga upaya penyembuhannya kurang optimal.

Beliau menyampaikan rasa terima kasihnya kepada MTT Sumbagsel atas Aki Siaga Sehat tersebut, “Terima kasih banyak atas layanan kesehatan gratis yang diadakan di desa kami, semoga MT Telkomsel dan RZ semakin maju dan banyak rezekinya. Aamiin.” ungkap bu Elia.

Newsroom/Retno Setyorini
Palembang

Tags :
Donation Confirmation