TIPS MENJAGA KESEHATAN LIDAH

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

Lidah menjadi organ penting supaya kita bisa mengecap rasa dan berbicara dengan baik. Menjaga kesehatan lidah juga sama pentingya seperti fungsinya. Lidah yang nggak sehat bisa jadi tanda ada sesuatu yang nggak beres dengan tubuh kita atau malah bisa jadi sebab munculnya gangguan-gangguan. Berikut ini beberapa tips untuk menjaga agar lidah tetap sehat.

1.Membersihkan lidah saat sikat gigi

Saat sikat gigi jangan lupa untuk membersihkan lidahmu juga. Bisa memakai alat pembersih lidah khusus yang banyak beredar di pasaran atau pakai sikat gigi biasa yang sudah dilengkapi dengan pembersih lidah. Usahakan membersihkan sampai pangkal lidah, tetapi hati-hati jangan sampai bikin kamu pengen muntah.

2.Air garam

Siapkan setengah gelas air hangat dan tambahkan setengah sendok teh garam ke dalamnya. Kumur-kumur 5-6 kali sehari dengan air campuran garam tersebut. Langkah ini bisa menjaga kesehatan mulut termasuk lidah.

3.Air putih

Perbanyak minum air putih. Kekurangan cairan bisa jadi penyebab dehidrasi yang menyebabkan lidah berubah warna dan tertutupi lapisan putih.

4.Jus aloe vera

Aloe vera alias lidah buaya bisa juga dijadikan senjata untuk melawan bakteri-bakteri yang bersarang di lidah. Caranya ambil 1 sendok makan jus aloe vera, kumur-kumur selama beberapa menit, lalu muntahkan. Selanjutnya minum 1 sendok makan penuh jus aloe vera. Kamu bisa melakukan langkah ini paling tidak beberapa kali selama 2 minggu.

5.Kunyit

Kunyit menjadi salah satu rempah yang ampuh melawan pertumbuhan bakteri pada lidah. Caranya dengan mencampur setengah sendok teh bubuk kunyit dengan jus lemon sampai berbentuk pasta. Oleskan campuran tersebut pada lidah dan biarkan beberapa menit. Setelah itu berkumurlah dengan air hangat. Jus lemon bisa juga diganti dengan air putih biasa. Lakukan langkah ini paling tidak sekali dalam sehari selama beberapa waktu.

Semoga bermanfaat.

Tags :
Donation Confirmation