TUHAN TAHU KAPAN KITA HARUS BAHAGIA

Saat kamu punya target-target yang ingin kamu capai, do your best! Lakukan yang terbaik yang kamu bisa, maksimalkan usahamu. Percayalah, tidak akan ada yang sia-sia untuk setiap usaha yang telah diupayakan. “Tidak ada yang sia-sia”  di sini tidak melulu berarti bahwa nantinya hasil yang dicapai sesempurna seperti yang diharapkan. Tetapi, bahwa selalu ada esensi atau nilai yang bakal kamu dapat dari apa yang kamu upayakan.

Misalnya, seorang siswa yang menduduki rangking lima ke bawah memiliki target untuk bisa mendapatkan ranking satu di kelasanya, maka dia mulai mengatur strategi-strategi, dia mulai belajar  lebih giat dari biasanya mulai dari belajar sendiri, belajar kelompok, atau mengikuti les-les khusus agar bisa mendongkrak nilainya untuk mendapat rangking satu.

Jika dia mulai menikmati proses yang dilaluinya, maka  pasti setiap tantangan yang dihadapi tidak lagi akan menjadi beban baginya.

Hari demi hari, keinginan dia ini yang akan mendorongnya untuk terus berusaha, menjalani tahap demi tahap mendekati targetnya itu, setiap peluang yang mengarah kepada apa yang ditargetkan selalu diambilnya, sehingga ia pun menikmati setiap jejak perjalanannya. Dengan begitu, pastinya akan memberi progress atau kemajuan yang berarti dalam hal capaian targetnya.

Akhirnya, dapat dipastikan dia akan mengalami kenaikan dari rangking dia sebelumnya. Sepahit-pahitnya kemungkinan, kalaupun ia tidak mendapat ragking satu, dia pasti tidak mungkin tetap bertengger di rangking 5. Pasti dia akan mengalami kenaikan, bisa ke rangking 4, 3, 2 dan pastinya tidak menutup kemungkinan rangking 1.

Contoh lainnya, seseorang yang berniat untuk bisa melanjutkan pendidikan di luar negeri, dia mulai mencari informasi, bergaul dengan orang-orang yang mengarah kepada mimpinya tersebut, mulai memperluas jaringan, mencari surat rekomendasi yang mendukungnya untuk mendapatkan beasiswa.

Banyak pengalaman baru yang didapatnya dari prosesnya itu. Ia bisa bertemu dengan orang-orang baru dan semua value dan pengalaman tersebut pastinya akan sulit didapatnya kalau dia tidak pernah menjalani proses-proses tersebut.

Fokus terhadap hasil akhir memang penting, tapi akan jauh lebih bijak lagi bila kita TIDAK menjadikan hasil akhir sebagai satu-satunya tujuan. Karena dengan begitu, kita tidak akan melewatkan pelajaran-pelajaran penting yang ada di dalam proses pencapaian tersebut.

Sehingga, sempurna atau tidaknya sebuah capaian tidak akan lagi menjadi satu-satunya indikator untuk mengukur keberhasilan target-target kehidupan yang kita buat. Dengan begini, kita akan jauh lebih menghargai mimpi-mimpi kita sendiri.

Kita bisa dengan gagah berani mengatakan bahwa “what I choose is what I’ve thought a lot before”, apa yang menjadi pilihan hidup kita, mimpi kita. Target kita adalah sesuatu yang sudah dipikirkan matang-matang sebelumnya. Dan, yang lebih penting lagi, kita akan menjadi peribadi yang jauh lebih siap dengan segala kemungkinan hasil akhir yang akan didapat nantinya.

Di lain sisi,  dengan menikmati proses-proses dalam kehidupan ini, kita akan lebih menghargai hidup kita sendiri. Pengalaman demi pengalaman dan nilai-nilai yang didapat dari menjalani proses demi proses kehidupan akan menjadi sesuatu yang berharga dan tak ternilai harganya.

Kita juga akan lebih mengenal diri sendiri, lingkungan dan orang lain. Nikmati prosesnya, proses untuk setiap jalan yang sudah dipilih. Karena ini akan menjadi bekal yang berguna kelak dalam menjalani perjalanan hidup selanjutnya.

Tags:
Donation Confirmation
en_USEnglish
id_IDBahasa Indonesia en_USEnglish