USAHA BU SUPANIYEM TERUS SEMANGAT MEMBANGKIT EKONOMI DESA RASAU JAYA 1

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

KUBU RAYA, Selasa (27/08). Pagi, selepas sholat subuh Bu Supaniyem bergegas ke dapur untuk melakukan pekerjaanya. Ia bekerja menyelesikan dua tanggung jawab sekaligus: sebagai Ibu Rumah Tangga dan sebagai pengusaha. Walau belum bisa dikatakan sebagai pengusaha yang mampu mengkapitalisasi ekonomi dari industri hulu ke hilir, nyatanya usaha usaha yang dikerjakan Bu Supaniyem mampu mendukung ekonomi keluarganya.

Mas Igo selaku Fasilitator Desa Berdaya Rasau Jaya 1 Rumah Zakat yang mendapingi usaha Bu Supaniyem, diajak untuk melihat proses produksi rengginang ketan dan kerupuk buah dan sayur.

Beras ketan dicuci, kemudian dikukus selama 15 menit, lalu dicetak kedalam takaran di wadah yang terbuat dari anyaman bambu dan terakhir di jemur di bawah terik matahari. Proses produksinya tidak sulit, dan yang memakan waktu agak lama hanya pada proses pencetakan yang membutuhkan ketertaturan dalam menakar agar kualitas kerupuk seimbang.

Sembari mencetak kerupuk rengginang dengan cekatan, Bu Supaniyem berbagi cerita mengenai keluh kesah usaha yang dia jalani. “Alhamdulillah, Mas, karena kompor yang Mas Igo kasi kemarin ngukus berasnya gak lama. hanya 15 menit” Ucapnya dibarengi menunjuk kompor seribu sumbu yang diserahkan sebulan yang lalu. Tanpa dijeda dia menambahkan jika sebelumnya proses mengukus nasi untuk pembuatan rengginang bisa memakan waktu 1 jam.

Rumah Zakat melalui program pemberdayaan dengan mendampingi pelaku usaha mikro, memberikan kemudahan dengan bantuan modal yang disalurkan tepat sasaran seperti usaha pembuatan kerupuk buah dan sayur dan rengginang yang ditekuni oleh Bu Supaniyem. Rumah Zakat berharap dan akan terus mendukung jika produk usaha yang dihasilkan Bu Supaniyem menjadi produk unggulan di Desa Rasau Jaya 1, Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Newsroom

Toip / Hanaa Afifah

Tags :
Donation Confirmation