WISATA PEMBERDAYAAN BERSAMA FIF DAN AAB

BANDUNG. Wisata pemberdayaan menjadi aktivitas penting dalam menyakinkan program berjalan dengan baik dan tepat sasaran, selain itu juga menjadi wahana aktivitas bagi para donator dalam memilih program pemberdayaan melalui Rumah Zakat. Itulah yang dilakukan oleh PT. Federal International Finance (FIF) dan Asuransi Astra Buana (AAB) Jumat (25/3), sebuah perusahaan dibidang finance dan pembiayaan yang berkantor pusat di Jakarta, selama 2 hari berkunjung ke lokasi pemberdayaan yang dikelola Rumah Zakat, (24/3-25/3).

Sebelum mengunjungi lokasi, rombongan terlebih dahulu mendapat pemaparan seputar pemberdayaan yang dilakukan Rumah Zakat yang disampaikan Muhammad Nur Yahya, Div Head Program, di lantai 2 Ruang Pertemuan Rumah Zakat, Jl. Turangga no. 33 Bandung, Kamis (24/3) Selanjutnya diteruskan ke Peternakan Domba dan Sapih Gaduh yang berlokasi di pegunungan Oray Tapa,  Kabupaten Bandung. Disini para Wisatawan secara langsung bisa melihat proses pembibitan dan perawatan domba dan sapi.

Dapat juga dilihat proses pembuatan pakan ternak yang tidak jauh dari lokasi kandang hewan, tidak ketinggalan dikunjungi. Sebelum meninggalkan Oray Tapa, rombongan tidak lupa mengunjungi perkebunan jagung yang dikelola oleh member binaan Rumah Zakat. Setelah itu rombongan mengunjungi Gerai Mandiri, di Jalan Martanegara Bandung, tempat dimana pembuatan berbagai macam cake yang dibuat oleh member binaan Rumah Zakat. Disini rombongan tidak hanya melihat proses cara pembuatan tapi juga mencicipi sekaligus belanja buah tangan untuk dibawa pulang.

Kunjungan Jumat (25/3) dilanjutkan ke Rumah Bersalin Gratis (RBG) yang berlokasi di jalan Gatot Subroto Bandung.  Kepada pengunjung diperkenalkan tentang (RBG) dari ruang pendaftaran, pemeriksaan, persalinan, depo obat, hingga ruang rawat inap. Selanjutnya ke Sekolah Dasar Juara, Jl. Sukarajin, berinteraksi dengan siswa dan guru menjadi hal yang menarik di sekolah yang serba gratis ini. Empowering Center Cibeunying Kaler yang tidak jauh dari SD Juara menjadi tempat yang dikunjungi selanjutnya. Beragam aktivitas dan produk pemberdayaan dapat disaksikan disini, seperti menjahit dapat dilihat.

Paket wisata pemberdayaan selanjutnya peternakan Lele yang terletak di desa Cimenyan Kab.upaten Bandung menjadi kunjungan terakhir. Lele yang awalnya identik dengan tempat yang kotor berubah 180 derajat dengan apa yang dilakukan oleh peternak Lele Member binaan Rumah Zakat. Menurut Nuqi, Relation Manajeman, yang juga pemandu Wisata Pemberdayaan, mengharapkan aktivitas Wisata Pemberdayaan ini bisa menambah nilai akuntabilitas lembaga sosial seperti Rumah Zakat. ***

Newsroom/Yudi Juliana
Bandung

Tags :
Donation Confirmation