ENENG, TAK INGIN LAGI BERGANTUNG PADA GAJI SUAMI

RZ LDKO CilegonCIKARANG. Dengan telaten perempuan berusia 27 tahun tersebut melakukan aktivitas gunting, lipat dan jahit pada bungkus-bungkus kopi yang ia dapat dari para pedagang minuman di pinggir jalan dengan harga Rp7000 per kilogram. Bungkus kopi yang biasanya tergeletak menjadi sampah rumah tangga pun kini berubah menjadi tas cantik. Merah, putih dan cokelat mendominasi tas bikinan Eneng tersebut, bergantung bungkus kopi yang ia gunakan.

“Satu bungkus kopi ini bisa digunakan untuk beberapa motif yang diinginkan. Misal mau diambil yang ada motif tulisannya atau yang ada warna merahnya atau yang mana saja bisa, dan dari satu bungkus ini bisa jadi tujuh motif tas,” ujar Eneng.

Ide memang mahal, tapi yang lebih mahal lagi adalah kerja keras untuk mewujudkan ide tersebut dan menjadikannya sebuah karya yang bernilai. Bermula dari Sekolah Sampah yang diadakan oleh MDI yang bekerja sama dengan RZ (Rumah Zakat), Eneng kini mempunyai penghasilan yang lumayan dari tas bungkus kopi buatannya. Ia mengembangkan ide awal yang diajarkan oleh Bu Nyai, trainer yang diundang RZ untuk mengajari binaan ICD Pasar Gombong Cikarang tentang bagaimana mendaur ulang sampah.

“Bulan kemarin saya nggak ambil gaji suami karena jualan tas hasil bungkus kopi ini,” ungkap Eneng dengan gembira.

Dalam sejam Eneng bisa menghasilkan satu dompet kecil. Namun karena keterbatasan bahan, Eneng belum bisa memproduksinya secara masal. Selama ini ia masih mengerjakan sendiri dan memasarkan di sekitar wilayah Pasir Gombong saja. Bukan hanya tas, tapi Eneng juga juga membuat tikar yang dipakai di rumahnya serta rompi yang sempat digunakan dalam acara karnaval RZ beberapa waktu lalu.

Eneng mengaku belum lama bergabung sebagai warga binaan. Sekolah Sampah dengan agenda pelatihan daur ulang tersebut adalah kegiatan yang pertama dia ikuti selain majelis hikmah. Namun tak disangka, justru dari sanalah ia mempunyai keterampilan yang bisa diandalkan untuk membantu perekonomian keluarganya.***

Newsroom/Yosef
Cikarang

Tags :
Konfirmasi Donasi