ES BATU PENYEBAB KERUSAKAN GIGI

Tidak sedikit anak usia balita yang gemar makan es batu. Para orangtua hendaklah perlu waspada, jangan menganggap sepele masalah tersebut karena ternyata es batu dapat menyebabkan kerusakan gigi pada anak. Ketika anak makan es batu, suhu di mulut akan turun secara mendadak, hal ini akan menyebabkan kerusakan pada jaringan gigi, misalnya email gigi akan menipis. Email adalah lapisan pelindung gigi. Jika email menipis atau rusak maka gigi akan mudah berlubang. Bila sikecil sering mengeluh ngilu pada giginya, itu pertanda email giginya sudah menipis atau hilang.

Jika anak makan es batu dengan cara dikunyah atau digigit-gigit, maka gigi akan menjadi cepat aus atau susut karena tergesek-gesek. Yang lebih para lagi gigi dapat patah. Memang gigi susu akan tanggal dan digantikan gigi baru yang sempurna, tapi sensitivitas gigi akan berkurang hingga lama kelamaan akan berlubang juga. Dampak yang ditimbulkan dari kebiasaan makan es batu ini hanya pada gigi saja sedangkan gusi dan dinding mulut tetap terjaga dari kerusakan karena terlindungi air liur.

Kebiasaan makan es batu pada anak bisa menyebabkan anak kecanduan. Bagi anak, es batu sangatlah enak, melebihi makanan apapun di dunia ini. Mungkin dinginnya es batu dirasakan sangat nikmat. Walaupun demikian kebiasaan ini harus dihentikan. Orang tua harus dapat mengalihkan perhatian anak agar tidak makan es batu lagi. Misalnya es batu diganti dengan buah-buahan karena selain tidak merusak gigi juga malah menyehatkan. Anda  juga dapat mengganti es batu dengan es krim, karena es krim tidak merusak gigi.

Adanya anggapan bahwa es krim dapat merusak gigi adalah tidaklah benar. Dibandingkan es batu, es krim lebih menguntungkan, karena selain lembut dan tidak terlalu dingin, es krim juga kaya kalori. Hal ini tentu berbeda dengan es batu, karena yang didapatkan dari es batu hanya rasa dingin saja dan tidak ada gizi yang diperlukan bagi tubuh.

Kebiasaan makan es batu tidak baik bagi kesehatan anak, selain merusakkan gigi, bagi anak yang menderita alergi atau kondisi tubuhnya sedang tidak sehat dapat menyebabkan sakit. Segera hentikan kebiasaan anak makan es batu, berilah penjelasan secara bijak akan dampak yang ditimbulkan dari kebiasaan makan es batu dengan bahasa yang mudah dipahami anak.

Tags :
Konfirmasi Donasi