GEROBAK RANGERS HADIR DI POSYANDU

(Foto: Rumah Zakat)

PROBOLINGGO, RUMAH ZAKAT – Setelah diresmikan 3 pekan lalu (23/06), Gerobak Tangguh Perpusdes Sang Juara Desa Berdaya Kedungrejoso, Kecamatan Kotaanyar hadir di Posyandu Krajan untuk memberikan sosialisasi cuci tangan dan mengajak masyarakat untuk gemar membaca.

Gerobak Rangers adalah sebutan bagi tim relawan gerobak tangguh yang bertugas melakukan aksi dan berbagi manfaat kepada masyarakat dengan gerobak tangguh.

Gerobak Tangguh sendiri merupakan  gerobak baca keliling milik Perpusdes Sang Juara Binaan Rumah Zakat yang mempunyai fungsi sebagai pustaka bergerak kemudian dimodifikasi dengan penambahan  wastafel di bagian belakang gerobak, sehingga anak-anak ataupun warga yang ingin meminjam dan membaca buku bisa mencuci tangan sebelum dan sesudahnya.

Hal ini dilakukan demi terciptanya rasa aman dan nyaman untuk warga yang ingin membaca buku. Gerobak Tangguh ini mempunyai misi mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Gemar Membaca dan rajin cuci tangan dengan sabun utamanya dalam menangkal penyebaran Covid 19.

Selasa (07/07) kemarin, pagi-pagi sekali tim gerobak rangers sudah bersiap melakukan aksi. Subahan (18) yang kala itu bertugas mengayuh gerobak sangat antusias dan bersemangat untuk melakukan aksi di hari itu. “Tim Gerobak Rangers Siap Melaksanakan Tugas!!!”, teriak Subahan bersemangat.

Setibanya di lokasi posyandu, tim gerobak rangers yang dipimpin oleh Syarifuddin, Relawan Inspirasi Rumah Zakat langsung memulai aksinya. Setiap peserta posyandu yang datang baik itu anak-anak ataupun ibunya langsung diarahkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum mengikuti kegiatan posyandu.

Dalam aksi ini tim gerobak rangers melakukan sosialisasi cara mencuci tangan yang benar, kemudian dilanjut aksi pembagian masker gratis, dan ajakan untuk membaca buku-buku yang sudah tersedia di gerobak tangguh.

Perpusdes Sang Juara yang diinisiasi sejak tahun 2017 oleh Relawan Rumah Zakat merupakan transformasi dari pondok baca yang kemudian menjadi perpusdes yang dijadikan sebagai tempat belajar, pusat informasi dan pusat untuk meningkatkan kemampuan literasi bagi semua lapisan masyarakat Kedungrejoso.

Mulai dari bimbel, kelas parenting, pelatihan menulis, kegiatan mendongeng, pojok baca, pelatihan UKM, hingga pustaka keliling atau gerobak tangguh. Banyak juga prestasi yang sudah diraih perpusdes sang juara ini diantaranya Juara 2 Lomba Perputakaan Desa tingkat Kab. Probolinggo (2018), Award Cerita Impact Perpusdes Program Perpuseru Nasional (2018), dan Juara Harapan 3 Lomba Perpusdes Terbaik Tingkat Propinsi Jawa Timur (2019).

Penerima manfaatnya pun sudah sangat banyak, hampir semua warga Desa Kedungrejoso sudah merasakan manfaat adanya perpusdes sang juara ini.

“Terima kasih kepada Perpusdes Sang Juara dan Rumah Zakat yang telah mendukung kegiatan posyandu dengan gerobak bacanya ini, di sini gerobak bacanya tersedia tempat cuci tangan jadi ibu-ibu yang datang ke posyandu lansung cuci tangan terlebih dahulu baru kemudian ditimbang. Setelah itu mereka juga bisa menikmati fasilitas gerobak dengan membaca buku,” kata Zumrotus selaku bidan Desa Kedungrejoso.

Newsroom

Amri Rusdiana

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia