GIANT DAN RZ GELAR PENYULUHAN PHBS DI RUMAH GIAT BOGOR

BOGOR. PencRUMAH GIAT RZ BOGOR BERIKAN PENYULUHAN PHBSerdasan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan suatu kebutuhan bagi masyarakat untuk selalu menjaga pola hidup yang sehat. Penyuluhan-penyuluhan kesehatan hendaknya dapat diberikan secara merata kepada masyarakat Indonesia, untuk kemudian mewujudakan Indonesia yang sehat.

Seperti halnya yang dilaksanakan pada hari Rabu (15/03) ibu-ibu binaan Rumah Giat (RG) Bogor mendapatkan materi Penyuluhan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Desa Ciherang Kabupaten Bogor, yang diadakan oleh RZ Bogor bekerja sama dengan toserba Giant.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan masyarakat. Manfaat diadakannya kegiatan penyuluhan ini adalah menjadikan setiap keluarga menjadi sehat dan tidak mudah sakit.

“Kegiatan penyuluhan ini disampaikan oleh Ibu Yuli dan Ibu Wiwin dari Perwaklan Puskesmas Dramaga Kabupaten Bogor dan Mahasiswa AKBID Bogor kepada orang tua member RG Bogor. Materi ini dirasa sangat penting bagi peserta penyuluhan yang mayoritas ibu-ibu menjadikan mereka sangat antusias mengikuti acara tersebut. Ada sekitar 11 orang yang mengikuti kegiatan penyuluhan tersebut,” papar Fatoni Saputra.

Selain itu pemateri juga menyampaikan hal lain yang tidak kalah penting, yaitu mengenai bahaya asap rokok dan perbandingan ASI (Air Susu Ibu) dengan susu formula. Materi mengenai bahaya asap rokok sangat berguna agar meningkatkan kesadaran setiap anggota keluarga untuk tidak merokok karena sangat mempengaruhi perkembangan janin atau bayi.

Sedangkan materi tentang pentingnya pemberian ASI daripada susu formula meningkatkan kesadaran akan lebih banyaknya manfaat ASI dan resiko pemberian susu formula. Penggunaan susu formula terlalu banyak akan mempengaruhi perilaku seorang anak dan kekebalan tubuh. Maka dari itu pada kesempatan ini kami mengarahkan agar para ibu menggunakan ASI untuk pemberian susu pada bayi ataupun anaknya.***

Newsroom/Fatoni Saputra
Bogor

Tags :
Konfirmasi Donasi