GUNUNG RINJANI WASPADA, RELAWAN RZ SUMBAWA BERSIAP SIAGA

RZ LDKO CilegonLOMBOK. Status Anak Gunung Rinjani di Lombok Utara saat ini berstatus Waspada setelah terjadi 7 kali erupsi pada hari Selasa (03/11) lalu, karenanya Relawan RZ Sumbawa segera berkoordinasi dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Lombok Utara (04/11).

“Informasi dari BPBD, masyarakat masih aman dan beraktifitas secara normal. Malam Selasa kemarin memang masyarakat sekitar Gunung Rinjani sempat panik karena terjadi 7 kali letupan sekitar pukul 22.00 Wita.” Ungkap Relawan RZ Sumbawa.

Ada 30.000 warga yang tinggal di sekitar Kawasan Rawan Bencana (KRB) Gunung Rinjani. Desa yang sempat diterjang abu vulkanik diantaranya desa Loloan, Senaru, Santong, Ganggelang, Bentek, Jenggala dan Tegal Maja. Hingga saat ini, belum ada Puskesmas atau Rumah Sakit yang menyatakan bahwa ada warga yang terserang ISPA atau penyakit lainnya yang disebabkan oleh abu vulkanik.

“Kebutuhan sementara untuk masyarakat adalah masker. Meski udara sudah normal kembali, tapi kita perlu berjaga-jaga agar masyarakat tidak terkena ISPA akibat abu vulkanik. Jadi rencananya, kami akan membagikan masker bagi warga sekitar Gunung Rinjani.” Jelas Relawan.

Untuk kesiapsiagaan, Relawan RZ dan pihak-pihak terkait terus melakukan koordinasi agar dapat turut serta memberikan bantuan jika diperlukan.

Newsroom/Suryanto

Tags :
Konfirmasi Donasi