HADAPI PANDEMI DENGAN BORONG BERBAGI

Tidak terhitung banyaknya aktivitas perdagangan yang gulung tikar akibat meluasnya efek pandemi ini, tidak hanya pedagang kecil namun perusahaan raksasa sekali pun turut tumbang. Namun disini, kreatifitas baru bermunculan yang salah satunya adalah kegiatan Borong Berbagi.

Kegiatan ini adalah wujud dari sedekah yang memiliki efek luar biasa. Borong merupakan wujud dari membeli dagangan dari pedagang kecil atau mungkin menghidupi kembali usaha rumah tangga yang vacum, seperti penjual nasi bungkus.

Kemudian dilanjutkan dengan membagikan makanan tersebut kepada mereka yang membutuhkan, antara lain para pejuang kebersihan di jalan, tukang sampah, pemulung, tukang becak, bahkan kepada tuna wisma sekalipun.

Kehidupan mereka yang dalam kondisi normal saja jauh dari kecukupan, apalagi dengan merebak pandemi ini. Ada yang lebih baik lagi hasil orderan nasi bungkus/kotak ini disumbangkan kepada para tenaga kesehatan yang berjuang di garis depan, head to head menghadapi virus dengan para pasien suspek positif.

Jangankan untuk makan, waktu istirahat mereka pun jauh dari kewajaran, maka sudah barang tentu kepedulian bersama harus kita perkuat selain mengimplementasikan protokol kesehatan bagi diri kita masing-masing.

Kegiatan Borong Berbagi ini tidak mesti makanan, namun bisa juga alat-alat kebersihan yang dijual oleh pedagang keliling, nantinya bisa disumbangkan kepada mesjid/mushalla atau tempat lainnya sehingga kebersihan tempat ibadah tetap terjaga.

Inilah indahnya sedekah, dapat membantu hingga ke semua urusan lapisan masyarakat, membantu perputaran roda ekonomi. Bahkan Rasulullah saw dalam sabdanya “bersegaralah sedekah, sebab bala bencana tidak pernah mendahului sedekah” (H.R Imam Baihaqi).

Seperti apa yang pernah disampaikan oleh Aa Gym, ada empat protokol yang harus kita gunakan dalam menghadapi pandemi ini, antara lain sebagai berikut:

1. Protokol kesehatan >> sudah kita ketahui bersama, diantaranya menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun).
2. Protokol doa >> perbanyak doa, karena doa dapat merubah takdir.
3. Protokol istighfar >> bala turun karena dosa, bala diangkat karena taubat.
4. Protokol sedekah >> banyak sekali faedah sedekah, salah satunya yang sudah disampaikan di atas.

Penulis: Nurmansyah, S. Hum (Centre of Excellent Manager Rumah Zakat Action)

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia