HAL PENTING YANG DILAKUKAN SETELAH SAKIT

Ketika seseorang sakit tubuh menjadi lemah. Maka itu, penting untuk selalu mengonsumsi makanan yang bergizi agar cepat pulih dari sakit. Namun, setelah sembuh dari sakit, kebanyakan orang tidak selalu merasa tubuhnya langsung kembali fit. Kondisi ini membuat kita perlu memperhatikan hal-hal berikut.

Pilih makanan yang mudah dicerna
Pilihlah makanan yang mudah untuk dicerna oleh tubuh. Supaya tahap pemulihan semakin lebih cepat, untuk makanan yang mudah dicerna adalah nasi merah, buah apel, dan buah pisang.

Penuhi kebutuhan cairan tubuh
Perbanyak minum air putih, karena pada kandungan air putih dapat membantu mengeluarkan cairan dari sistem tubuh sehingga dapat memulihkan kembali energi dalam tubuh. Selalin itu air putih juga mampu membuat cairan limfa mengalir dengan baik dan mempu melawan sisa-sisa penyakit dengan cara melalui penyaluran sel darah putih ke seluruh tubuh.

Hindari makanan yang menguras energi
Setelah sembuh dari sakit, sebaiknya jangan terlalu banyak makan makanan yang mengadung karbohidrat ataupun gula. Kedua kandungan tersebut dapat membuat tubuh menjadi lemas. Selain itu jangan mengonsumsi makanan yang berminyak atau digoreng.

Menambah asupan magnesium
Sekitar lebih dari 300 fungsi metabolisme tubuh memerlukan magnesium agar bisa bekerja dengan baik. Magnesium bisa di dapat melalui sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan salmon, bayam, dan pisang. Selain itu, mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium juga dapat membuat tekanan darah tetap normal.

Mulai berolahraga
Lakukan olahraga ringan yang dapat membantu meningkatkan energi dalam tubuh dan melatih otot-otot yang kaku selama sakit. Olahraga cukup dilakukan selama setengah jam saja.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi