HARI PAHLAWAN, SISWA SD JUARA CILEGON TONTON FILM SOSOK KI WASYID

RZ LDKO CilegonCILEGON. Selasa (10/11), Mushola SD Juara Cilegon disulap menjadi seperti sebuah bioskop sederhana. Karena pada hari itu, SD Juara Cilegon akan mengajak anak-anak untuk memperingati Hari Pahlawan yang bertepatan pada tanggal 10 November tersebut.

SD Juara Cilegon memperingati Hari Pahlawan dengan cara yang sederhana, yaitu dengan mengajak anak-anak menonton film yang berjudul Ki Wasyid. Sebelum menonton film ini, guru menceritakan dan membahas mengenai “Siapakah Pahlawan itu”.

Setelah itu barulah kegiatan menonton film ini kita mulai.Film Ki Wasyid ini menceritakan mengenai perjuangan warga Cilegon dalam melawan penjajahan. Dimana pada saat itu, Cilegon dijajah oleh orang Belanda, dan pada saat itu pula belum banyak masyarakat Cilegon yang memeluk agama Islam. Sehingga masih banyak orang yang melakukan hal-hal musyrik seperti menyembah pohon, dan lain-lainnya.

Pada saat itu, Ki Wasyid beserta para muridnya sangat geram melihat perbuatan warga yang menyimpang tersebut. Sehingga pada saat itu pula, Ki Wasyid dan para muridnya segera menebang pohon yang sering dipakai untuk menyembah tersebut.

Tidak hanya itu, setiap kali adzan dikumandangkan di masjid sekitar, orang-orang Belanda tersebut merasa terganggu apalagi ketika adzan subuh. Padahal Ki Wasyid hanya ingin menyebarkan agama Islam dan mengajak warga Cilegon untuk memeluk Agama Islam. Namun pada saat sedang menyebarkan agam Islam, dan berusaha melawan penjajahan dari Belanda, Ki Wasyid pun akhirnya Syahid terbunuh oleh penjajah.

Itulah sepenggal cerita mengenai film Ki Wasyid, dimana Ki Wasyid ini bisa kita anggap sebagai Pahlawan juga. “Tujuan kami mengajak anak-anak menonton film Ki Wasyid ini, ialah supaya siswa tahu Pahlawan yang ada di Cilegon, disamping anak-anak juga mengenal para Pahlawan lainnya, setidaknya anak-anak sudah mengenal Pahlawan dari daerahnya sendiri,” ungkap Mirnawati, Guru SD Juara Cilegon.***

Newsroom/Ivan Supangat
Cilegon

Tags :
Konfirmasi Donasi