HEBAT, PERPUSTAKAAN SD JUARA JOGJA SUDAH PAKAI SISTEM SLIM

RZ LDKO CilegonYOGYAKARTA. Perpustakaan SD Juara Yogyakarta telah menggunakan aplikasi sistem layanan SLIM dan Kartu Anggota Perpustakaan. SLIMS adalah sofwere yang mempunyai kegunaan sebagai Website Perpustakaan. Sedangkan Kartu Anggota Perpustakaan digunakan sebagai bukti bahwa siswa yang meminjam buku adalah siswa SD Juara Yogyakarta dan digunakan ketika meminjam buku Perpustakaan, tanpa adanya kartu anggota ini sistem SLIM tidak dapat digunakan.

Dengan adanya penerapan sistem SLIM/Senayan Library Management ini dapat membantu manajemen perpustakaan serta dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi pengoperasian perpustakaan terutama dalam hal pelayanan sirkulasi/peminjaman buku. Selain itu baik siswa maupun guru dapat mengakses koleksi buku yang ada diperpustakaan melalui OPAC (Online Public Access Catalog) yang merupakan bagian dari sistem ini.

Saat ini penggunaan sistem SLIM disekolah SD Juara Yogyakarta diperuntukkan untuk layanan peminjaman buku siswa dan guru dengan lama peminjaman bagi siswa 3 hari dengan maksimal buku yang dipinjam 2 eksemplar, dan untuk guru/karyawan 3 minggu dengan maksimal jumlah buku 2 eksemplar.

Banyak hal yang didapatkan dengan adanya sistem ini diantaranya adalah: proses pelayanan peminjaman buku di perpustakaan SD Juara Yogyakarta yang biasanya lama menjadi lebih cepat dan mudah, mampu menekan jumlah buku yang hilang saat di pinjam karena akan terbaca di layar monitor nama siswa yang belum menggembalikan buku, peminjaman buku mengalami peningkatan karena siswa jadi lebih tahu kapan mengembalikan buku.

“Penerapan sistem SLIM di SD Juara Yogyakarta dilakukan di awal bulan Oktober 2015 dan hingga saat ini jumlah peminjam buku telah mencapai 209 peminjam, 220 eksemplar dan rata-rata perhari pengunjung meminjam buku 10 eksemplar,” papar Sri Ummiyati salah satu Guru SD Juara Yogyakarta.***

Newsroom/Ivan Supangat
Yogyakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi