Asupan makanan bagi pasien Covid-19 sangat berpengaruh terhadap proses pemulihan. Ketersediaan makanan selama isolasi mandiri pun harus diperhatikan, baik dari jumlah makanan hingga jenis makanan yang akan dikonsumsi.

Agar kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi selama isolasi mandiri, ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya kita hindari selama isoman. Menurut WHO (World Health Organization), ada beberapa makanan yang harus dihindari, di antaranya:

1. Makanan Tinggi Gula
Menurut WHO, konsumsi gula pada orang dewasa tidak dianjurkan melebihi 5% dari total asupan energi harian atau setara dengan enam sendok teh.

Apabila sahabat ingin mengkonsumsi makanan manis, buah-buahan adalah salah satu alternatif yang baik untuk dikonsumsi. Meskipun aman dikonsumsi, tetap perhatikan porsinya ya sahabat zakat.

2. Makanan Tinggi Lemak
Sebaiknya, sahabat zakat tidak mengkonsumsi gula lebih dari 30% dari total asupan energi harian. Untuk mengurangi kadar lemak dari makanan, kita bisa lakukan dengan memilih metode memasak tanpa minyak, atau bisa dikukus, dipanggang dan ditumis dengan menggunakan sedikit minyak.

Sumber lemak yang baik salah satunya berasal dari kacang-kacangan dan ikan.

3. Makanan Mengandung Alkohol
Menurut WHO, konsumsi alkohol dapat mengganggu kesehatan mental. Selain itu juga bisa menimbulkan gejala depresi, kecemasan, dan ketakutan selama melaksanakan isoman. Alkohol juga bisa membuat beberapa jenis obat menjadi kurang efektif manfaatnya.

Sahabat Zakat, itulah tiga jenis makanan yang harus dihindari oleh pasien Covid-19. Semoga yang sedang sakit segera pulih, dan kita yang saat ini diberikan anugerah kesehatan bisa menjaganya dengan baik. Stay safe teman-teman.