Kader Pengerak Kesehatan Desa dan Relawan Rumah Zakat menjalankan Posyandu keliling untuk menjemput para penerima manfaat layanan kesehatan.

SERANG – Dalam rangka menghindari kerumunan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada para balita dan ibu disaat PPKM Darurat, Kader Pengerak Kesehatan Desa dan Relawan Rumah Zakat menjalankan Posyandu keliling untuk menjemput para penerima manfaat layanan kesehatan.

Kegiatan ini berlangsung secara estafet ke seluruh posyandu yang ada di Lingkungan Desa Berdaya Dalung, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang Propinsi Banten.

“Sejak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di wilayah Pemerintah Kota Serang membuat kegiatan yang memobilisasi masyarakat dilarang. Lalu bagaimana agar kegiatan pelayanan kesehatan masyarakat bisa tetap berjalan. Maka kami lakukan jemput bola, mendatangi mereka dari pintu ke pintu atau secara door to door,” kata Sumiatun, salah satu kader penggerak desa, Sabtu (17/7).

“Kegiatan pelayanan kesehatan bagi para ibu dan balita ini dilakukan secara estafet dimulai sejak hari Jum’at kemarin. Dan sejauh ini sudah ada 4 dari 7 posyandu di Wilayah Dalung yang berhasil kami jangkau,” tambahnya.

“Ada 2 Posyandu yang mungkin kami tidak jangkau. Karena masuk zona merah dengan pengawasan ketat dari pemerintah desa dan petugas keamanan,” jelas Heni, kader penggerak desa lainnya menambahkan.

Ibu-ibu kader yang terlibat tampak senang selama memberikan layanan kesehatan. Bidan desa tidak turut hadir dan terlibat dalam kegiatan karena sedang mendapat tugas khusus dari Pemerintah Kota untuk membantu para petugas kesehatan bagi pasien Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Serang, sehingga pemeriksaan khusus kepada para balita dan ibu hamil tidak dapat dilakukan.

Kegiatan Posyandu tersebut diinisiasi oleh Rumah Zakat dan mendapat dukungan penuh dari Permata Bank Syariah.

Newsroom

Danyza/Amri Rusdiana