Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh, Sahabat, tahukah kamu bahwa Allah SWT Maha Memberi Rezeki kepada seluruh makhluk-Nya. Setiap karunia yang Allah berikan kepada kita hendaknya wajib disyukuri, dan sedekah adalah salah satu jalan terbaik dalam bersyukur kepada Allah.

Perihal sedekah, ada hal yang hendaknya harus kita tanamkan dalam diri. Satu hal yang harus kita ingat adalah bahwa sedekah tidak perlu banyak berpikir atau banyak berhitung untuk sedekah. Tidak perlu juga repot-repot merasa tidak enak sedekah karena yang bisa disedekahkannya hanya sedikit.

Dari Abu Hurairah, RA, Rasulullah SAW pernah bersabda, “Sesungguhnya Allah tidak melihat (menilai) bentuk tubuhmu dan tidak pula menilai kebagusan wajahmu, tetapi Allah melihat (menilai) keikhlasan hatimu”. (HR. Muslim)

Sungguh, bukan banyak atau sedikitnya yang penting di hadapan Allah, melainkan keikhlasan saat bersedekah. Meski jumlah yang disedekahkan sedikit, sesungguhnya itu sedikit dalam pandangan kita saja.

Baca juga: Sedekah yang paling baik

Sedangkan dalam pandangan Allah, sedekah tersebut pantas diberikan ganjaran berlipat ganda. Jangan sibuk dengan pandangan besar kecilnya suatu amal, karena dalam pandangan Allah semua itu sama saja. Yang membedakan adalah keikhlasan dalam mengamalkannya.

Saat memasuki masjid, tiba-tiba kita berada di dekat kotak amal, maka ambil kesempatan itu untuk beramal. Ada kesempatan untuk menolong orang yang butuh pertolongan, maka bantulah. Jika saat ini ada kesempatan berbagi kebahagiaan dengan bersedekah maka jangan di tunda ya sahabat.

Memulai suatu kebaikan memang tidaklah mudah, butuh niat yang kuat, perjuangan serta keistiqomahan. Namun percayalah, ketika kita sudah berniat untuk melakukan kebaikan, maka Allah akan memberikan kita kemudahan dalam setiap prosesnya, termasuk saat kita meniatkan diri untuk bisa bersedekah.

Karena itu, yuk mulailah membiasakan diri untuk bersedekah dan jadikan sedekah sebagai gaya hidup kita. Berapapun yang kita berikan, semoga Allah membalasnya dengan pahala kebaikan, aamiin.

Link Sedekah

https://www.rumahzakat.org/l/sedekahmubantumereka/