INGIN DITUTUP DENGAN APA AKHIR TAHUN KITA?

Oleh Rachmat Ari Kusumanto

CEO Rumah Zakat Indonesia

Setiap kita selalu berharap akan menutup tahun dengan bahagia. Definisinya tentu agar semuanya berakhir lebih baik dari tahun atau waktu sebelumnya. Kita adalah satelit yang selalu beredar dan memutar untuk menciptakan gaya gesek yang paling produktif bagi bumi dan kehidupannya, baik yang sifatnya material maupun spiritual.

Menjelang akhir tahun yang tinggal hitungan pekan, semoga kita bisa terus bercermin sambil berlari, wah susah ya…tapi bagaimana lagi? kita harus terus memperbaiki diri dalam durasi waktu yang tersisa tapi juga harus berkaca untuk memperbaikinya di sisa hari yang bisa atau setidaknya di tahun depan. Waktu kini tak lagi sekedar berjalan tapi mungkin malah terbang numpang pesawat tempur karena sudah semakin cepat adanya. Tulisan ini tak ingin menggurui seolah sudah cakap mengelola waktu dan diri tapi sekedar ‘mencari teman’ bahwa ternyata saya tak sendiri merasakan semuanya berjalan sangat cepat tapi apapun aktivitas pengisinya tersebut semoga Allah catatkan sebagai karya pengabdian yang menysun misi peradaban kita sebagai khalifatullah di bumi.

Rumah Zakat Indonesia bersama sobat zakat sekalian kini sedang terus melengkapi layanan untuk membantu Bapak Ibu Saudara sekalian menutup tahun baik tahun Hijriyah maupun Masehi dengan semangat berbagi yang semoga semakin lebih rapi dan profesional. Salah satunya melalui program Superqurban yang sekitar sebulan lagi akan kita tunaikan. Jika kita berada di Timur Tengah sana justru Idul Adha dipandang jauh lebih besar daripada Idul Fitri karenanya disana malah lebih meriah, karena selain ada faktor ibadah haji di Arab Saudi pelaksanaan ibadah qurban juga sampai 4 hari, 1 hari H tanggal 10 Dzulhijjah disambung 3 hari setelahnya yang kita kenal sebagai hari tasyrik.

Sebagai bentuk pemuliaan hari raya ini, Rasulullah mengharamkan puasa di 4 hari tersebut agar semua bergembira dan tidak berlapar-lapar karena tak ada makanan yang bisa dimakan. Kalau kita lihat di beberapa daerah misal di Jawa Tengah, bulan Dzulhijjah dikenal dengan nama bulan Besar. Sementara hari raya Idul Qurban di Sunda juga akrab disebut Rayagung, hari raya Besar…Artinya bulan Dzulhijjah adalah bulan istimewa yang perlu kita sambut dengan amal atau kegiatan yang bermanfaat. Inilah hari raya kita.

Mari kita lengkapi ibadah akhir tahun ini dengan beribadah qurban. Rumah Zakat Indonesia masih konsisten meluncurkan program inovatif “Superqurban”.  Berupa maksimalisasi ibadah qurban dengan mengolah daging qurban dengan dikornetkan dalam kemasan kaleng. Silakan mengunjugi setiap payment point yang paling mudah bagi Anda baik offline maupun online. Insya Allah dengan ber-Superqurban, nilai kebaikan Anda bisa jauh lebih lama terselenggara karena bisa dimanfaatkan oleh saudara kita yang kurang mampu atau sedang dalam kondisi darurat seperti bencana yang akhir-akhir ini semakin sering datang beruntun dan tak hanya pada musim ramai daging saja. Keunggulan penyaluran sepanjang tahun inilah yang semoga mampu memberikan nilai lebih pada niat ikhlas ibadah Qurban Anda.

Saya juga mendengar banyak sobat zakat atau keluarga sobat zakat yang menunaikan ibadah haji tahun ini, kami atas nama Rumah Zakat Indonesia mendoakan semoga dilancarkan dalam setiap urusan baik perjalanan maupun rangkaian ibadahnya dan dapat kembali pulang ke tanah air sebagai haji mabrur yang mampu memberi semangat kebaikan bagi warga di sekitarnya.

Semoga kita  terus diberikan keistiqomahan untuk menutup tahun ini dengan produktivitas kebaikan.

 

Tags :
Konfirmasi Donasi