Sahabat Zakat, banyak sekali keutamaan di Hari Jumat. Banyak juga anjuran-anjuran yang bisa kita ikuti agar bisa mendapatkan pahala. Namun, di Hari Jumat ada waktu khusus dan spesial bagi seorang Muslim yang apabila kita berdoa pada waktu tersebut, insya Allah doa-doa tersebut makbul.

Ada tiga waktu di Hari Jumat yang termasuk waktu mustajab apabila kita berdoa, di antaranya:

1. Setelah Salat Asar Hingga Terbenam Matahari

Dari Anas bin Malik RA dari Nabi SAW bahwa beliau bersabda, “Carilah oleh kalian waktu-waktu yang mustajab pada Jumat setelah Ashar sampai tenggelamnya matahari.”

Abu Isa berkata, dari jalur ini hadits ini gharib. Sebagian ahli ilmu dari kalangan sahabat Nabi dan yang lainnya berpendapat bahwa waktu yang mustajab pada hari Jumat adalah setelah Ashar sampai matahari terbit, ini adalah pendapat Ahmad dan Ishaq. (HR Tirdmizi: 451).

2. Sejak Salat Jumat Dimulai Hingga Selesai

Nabi SAW beliau bersabda, “Sesungguhnya pada hari Jum’at ada waktu yang tidaklah seorang hamba memohon sesuatu kepada Allah pada hari itu kecuali Allah pasti akan mengabulkannya.” Para sahabat bertanya, wahai Rasulullah jam berapakah itu? Beliau menjawab: “Sejak ditegakkannya sholat Jumat sampai selesai.”

3. Sejak Matahari Terbit

Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda:

“Sebaik-baik hari setelah terbitnya matahari adalah hari Jumat, pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu dia dimasukkan kedalam surga, pada hari itu juga dia dikeluarkan dari surga, dan tidaklah seorang muslim yang sholat dan memohon sesuatu kepada Allah bertepatan pada waktu itu, melainkan Allah akan mengijabahinya.” (HR Tirdmizi 453).

Mulai saat ini, yuk kita sempatkan untuk berdoa di tiga waktu mustajab tersebut. Semoga Allah mengijabah doa-doa yang kita panjatkan.