Sahabat Zakat, sebagai seorang Muslim kita harus bersyukur karena setiap urusan kita sudah diatur dalam kitab suci Al Quran. Mulai dari bangun tidur, hingga tidur lagi, Islam sudah mengaturnya secara sempurna. Dari hal yang terkecil, hingga hal yang besar.

Contohnya seperti adab ketika hendak tidur. Islam menganjurkan umatnya untuk berwudhu terlebih dahulu. “Jika engkau hendak mendatangi tempat tidurmu, hendaklah engkau berwudhu seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Selain berwudhu, kita juga dianjurkan untuk membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Nas sebanyak tiga kali.

“Apabila Rasulullah ﷺ hendak tidur, beliau meniupkan pada telapak tangan sambil membaca Qul Huwallahu Ahad (surat al Ikhlas) dan mu’awidzatain (surat An Naas dan Al Falaq), kemudian beliau mengusapkan pada wajah dan seluruh tubuh. Ketika beliau sakit, beliau menyuruhku melakukan hal itu.” (HR Bukhari).

Sahabat Zakat, setiap sunnah yang dianjurkan tentu memiliki keutamaan khusus di dalamnya. Salah satu manfaat menjalankan sunnah sebelum tidur adalah melindungi manusia dari bahaya jin dan menghindari dari godaan setan dan menghapus dosa.