Sahabat Zakat, Hari Jumat merupakan hari istimewa bagi setiap Muslim. Waktu antara ashar hingga magrib di Hari Jumat adalah salah satu waktu mustajabnya doa, maka jangan sampai terlewatkan. Selain itu, Hari Jumat juga identik dengan Surat Al Kahfi yang dianjurkan bagi semua umat Muslim untuk membacanya.

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada Hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi).

Selain dianjurkan untuk membacanya, kita juga dianjurkan untuk menghafal sepuluh ayat pertama Surat Al Kahfi. Dari Abu Darda radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari Surat Al Kahfi, maka ia akan terlindungi dari Dajal.” (HR. Muslim no. 809).

Imam Nawawi berkata, “Ada ulama yang mengatakan bahwa sebab mendapatkan keutamaan seperti itu adalah karena di awal Surat Al Kahfi terdapat hal-hal menakjubkan dan tanda kuasa Allah. Bagi mereka yang berpikir dan beriman, insya Allah tidak akan terpengaruh dengan fitnah dajal.

“Maka apakah orang-orang kafir menyangka bahwa mereka (dapat) mengambil hamba-hamba-Ku menjadi penolong selain Aku? Sesungguhnya Kami telah menyediakan neraka Jahannam tempat tinggal bagi orang-orang kafir.” (QS. Al-Kahfi: 102).

Sahabat Zakat, mulai saat ini mari kita sama-sama belajar menghafal sepuluh ayat dari Surat Al Kahfi, semoga kita semua selalu dilindungi Allah dari fitnah dajal yang semakin nyata ini.

Wallahu’alam bisshawaab.