INILAH BAGIAN TUBUH YANG TIDAK HANCUR

Apakah kita sudah mengenal tentang apa itu tulang ekor? Tidak ada salahnya kita mengetahui lebih banyak tentang ini, karena tulang ekor banyak disebut sebagai salah satu unsur penting dalam proses pembentukan janin manusia, diharapkan dengan didapatnya pengetahuan soal ini akan makin menambah keimanan kita kepada Allah disamping itu kita juga akan lebih mengenal diri kita seutuhnya.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a yang mendengar Rasulullah SAW berkata, “Seluruh anggota tubuh manusia akan musnah dimakan tanah, kecuali tulang ekor. Dari tulang ekor itulah manusia akan dibentuk dan diciptakan kembali “. (H.R Al-Bukhari, An-Nasa’i, Abu Dawud, Ibn Majah, Ahmad dan Malik)

Dari hadits tersebut dapat disimpulkan beberapa fakta berikut:

1.Dapat dibuktikan secara ilmiah, tulang ekor merupakan unsur terpenting proses pembentukan janin pada fase pertama.

2.Bahwa tulang ekor tidak akan hancur.

3.Dari tulang ekorlah manusia akan dihidupkan dan akan dibentuk kembali pada hari kiamat kelak, cukup kiranya dengan menganggap hal tersebut sebagai perkara ghaib yang tidak dapat ditelusuri lebih jauh.

Hal-hal di atas menunjukkan keterkaitan dengan sebuah kutipan ayat dibawah ini:

“Hai manusia, jika kamu dalam keraguan tentang kebangkitan (dari kubur), maka (ketahuilah) sesungguhnya kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar kami jelaskan kepada kamu dan kami tetapkan dalam rahim, apa yang kami kehendaki sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampailah kepada kedewasaan, dan diantara kamu ada yang diwafatkan dan (adapula) diantara kamu yang dipanjangkan umurnya sampai pikun, supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatupun yang dahulunya telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah kami turunkan air diatasnya, hiduplah bumi itu dan suburlah dan menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang indah,” (QS Al-Hajj [22]: 5).

Para ilmuwan pada pertengahan abad ke 20 menemukan sebuah fakta mengejutkan tentang tulang ekor:

1.Tulang ekor merupakan bagian pertama yang tumbuh dari janin, biasa disebut dengan primitive streak, yaitu bagian utama yang terbentuk pada minggu ketiga.

Dari primitive streak itulah sel-sel berkembang dari tingkatan ectoderm mejadi bentuk mesoderm. Setelah itu primitive streak mengalami penyusutan dan tidak ada yang tersisa darinya kecuali bagian kecil, sebagaimana yang terdapat pada bagian ujung tulang belakang manusia.

2.Kemampuan tulang ekor dalam menyusun berbagai macam struktur anatomi tubuh dapat dibuktikan ketika tumor muncul dibagian tersebut pada bayi yang baru dilahirkan teratoma. Tumor tersebut terdiri dari berbagai macam anggota tubuh, seperti rambut, gigi, dan kelenjar.

Menurut sebuah artikel kesehatan, tulang ekor merupakan titik pertemuan dari beberapa otot kecil. Tanpa adanya tulang ekor kita tidak akan bisa duduk. Maka kita harus menjaga tulang ekor tersebut agar tetap berjalan sesuai dengan fungsinya. banyak saraf dan otot yang melekat pada tulang ekor, seperti saraf yang mengelilingi seluruh tulang belakang, otot-otot dasar panggul, daerah usus, serta paha dan kaki bagian atas.

Sumber: ummi-online.com

Tags :
Konfirmasi Donasi