ISMIYATUN, BERJUANG UNTUK TETAP PRODUKTIF DI USIA SENJA

RZ LDKO CilegonPONTIANAK. Siapa sangka perempuan yang selalu membawa kantong sampah ke mana-mana itu berusia 60 tahun lebih. Semangat yang masih terpancar jelas di setiap langkahnya tak kalah jika dibandingkan dengan semangat kader binaan RZ lainnya yang jauh lebih muda. Bank sampah Borneo yang kini diketuai olehnya berhasil menjadi bank sampah percontohan di lingkungan Banjar Serasan.

“Ini buku catatan kami, meski masih sederhana tapi segala pencatatan penimbangan sampah ada di sini lengkap,” ucapnya sembari menunjukan buku berukuran besar.

Bank Sampah Borneo adalah bank sampah binaan RZ di wilayah ICD Banjar Serasan. Dengan pengurus sebanyak 10 orang dan nasabah mencapai 76 orang, Bank Sampah Borneo masih terus aktif menjalankan aksinya. Adalah Ismiyatun, nenek yang juga menjadi pembina posyandu di Bajar Serasan itu kini menjadi ketuanya.

Kepeduliannya kepada kebersihan lingkungan sedikit demi sedikit membuahkan hasil. Warga Banjar Serasan yang tadinya memandang sebelah mata pada bank sampah mulai melihat hasilnya. Ismiyatun dan kader bank sampah lainnya tak pernah malu dibilang “kader sampah.” Melalui perwakilannya di 10 RT, mereka rajin memungut sampah di rumah-rumah warga yang menjadi nasabah atau bahkan di dalam parit sekalipun.

“Bank Sampah kami berbeda dengan bank sampah kebanyakan. Kami menabungkan uang hasil penimbangan sampah dan tak pernah kami ambil kembali, karena akan digunakan untuk membeli tenda dan segala peralatan untuk RW. Sehingga jika ada warga yang mempunyai hajat, mereka bisa meminjamnya dengan gratis,” jelas Ismiyatun.

Sebenarnya Ismiyatun tak hanya aktif di Bank Sampah Borneo, tapi sejak awal ada RZ di Banjar Serasan, ia sudah tercatat menjadi kader Posyandu. Selain itu ia juga aktif mengajar baca tulis Al Qur’an di surau di wilayah Banjar Serasan setiap sore. Usia memang tak pernah menghalanginya untuk tetap produktif, meski semakin banyak kader-kader bermunculan yang bahkan usianya jauh lebih muda darinya.***

Newsroom/Yosef F
Pontianak

Tags :
Konfirmasi Donasi