Rumah Zakat memberikan PMT kepada para lansia di Desa Pacarejo.

GUNUNGKIDUL – Rumah Zakat melalui Pos Lansia Husnul Khotimah untuk sementara menghentikan semua kegiatan pengumpulan masa yang melibatkan lansia sebagai anggotanya. Hal ini dilakukan setelah Ratno selaku pengelola Pos Lansia Husnul Khotimah juga fasilitator Rumah Zakat Desa Pacarejo berkonsultasi dengan bidan lansia Puskesmas Semanu II atas dasar adanya penambahan kasus covid-19 di wilayah Gunungkidul.

Kegiatan senam lansia, pemeriksaan kesehatan lansia, dan pembinaan pekanan jumat sore bersama KUA Semanu diistirahatkan sambil menunggu perkembangan berikutnya. Selama tidak ada kegiatan bersama lansia ini, para kader lansia pada Minggu siang (20/6) membuatkan masakan untuk program Jaga Simbah Dari Wabah dengan Pemberian Makanan Tambahan atau PMT lansia.

Masakan sehat berupa aneka sayuran hijau dibuat menu urab atau gudangan dan telur rebus disiapkan 3 kader lansia. Masakan PMT lansia tersebut kemudian dikemas dimasukan ke tempat khusus PMT lansia berupa lunch box. Para kader lansia kemudian berkeliling dari rumah lansia satu ke rumah lansia lainnya untuk membagikan PMT lansia.

” Sementara acara kegiatan di Pos Lansianipun libur riyin nggih Mbah,niki gentose wonten PMT gudangan masakan kader piyambak,mugi simbah kerso,” Kata Surat saat berkunjung ke rumah para Simbah.

“Matur nuwun nggih ndok, malah ngrepotin,” kata salah seorang lansia, Tubiyah.

Newsroom

Cecep/Amri Rusdiana