JANGAN ABAIKAN 5 TANDA JANTUNG TIDAK SEHAT

Jantung merupakan organ terpenting di tubuh manusia. Orang dapat tetap hidup saat jantungnya masih berfungsi.

Jika jantung berhenti melakukan tugasnya, seluruh sistem dalam tubuh tak lagi dapat bekerja. Sebab, jantunglah yang mempompa darah ke seluruh organ lainnya.

Penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin guna melihat kondisi organ ini dalam keadaan baik. Rajneesh Kapoor, Wakil Ketua Intervensional Cardiology, Heart Institute, Medanta, India mengatakan bahwa meskipun tidak semua masalah jantung disertai dengan tanda atau gejala yang jelas, orang perlu mengetahui gejala-gejala umum agar dapat mendeteksi perubahan atau kelainan sekecil apapun.

Jika mengalami gejala gangguan jantung, segera cari intervensi medis untuk mencegah situasi memburuk. Dilansir Indian Express, ada 10 tanda dari kondisi jantung tidak sehat yang perlu diwaspadai sejak dini. Dengan memerhatikan gejala, yang bahkan mungkin tak pernah terbayangkan, Anda dapat mencegah hal fatal terjadi.

1. Ketidaknyamanan di bagian dada

Ini merupakan gejala paling umum yang dapat menandakan bahaya bagi jantung. Orang bisa mengalami sesak, nyeri, atau tekanan di dada saat arterinya tersumbat atau saat mengalami serangan jantung.

Gejala dapat muncul saat istirahat atau selama beberapa aktivitas fisik. Biasanya, gejala berlangsung selama beberapa menit.

Rasa sakitnya singkat dan area yang mengalami rasa lebih sakit saat disentuh atau didorong. Dalam kasus tertentu, terutama pada perempuan, serangan jantung dapat terjadi tanpa nyeri dada.

2. Mual dan mulas

Beberapa orang ada yang mengalami mual, gangguan pencernaan, mulas atau sakit perut saat serangan jantung. Gejala-gejala tersebut bisa disertai dengan muntah juga.

Oleh karena itu, dalam banyak kasus, serangan jantung dapat disalahartikan sebagai gangguan pencernaan. Demikian pula, masalah perut juga bisa terjadi karena alasan lain, tetapi Anda harus sadar bahwa itu juga bisa menandakan serangan jantung.

3. Nyeri

Tanda umum lainnya dari kondisi jantung yang tidak sehat adalah rasa sakit yang menyebar ke bagian bawah sisi kiri tubuh. Biasanya, rasa nyeri berasal dari dada dan merembet ke arah luar lengan. Nyeri lengan juga bisa menjadi gejala kondisi jantung.

4. Pusing dan pingsan

Semua orang dapat mengalami pusing dan pingsan, entah karena panas matahari, ventilasi buruk, serta bangun terlalu cepat dari posisi duduk atau barbaring, kecemasan atau syok, maupun akibat sesak di dada atau napas.

Akan tetapi, kondisi ini juga dapat mengindikasikan sesuatu yang lebih serius, seperti penurunan tekanan darah. Hal tersebut juga dapat menyebabkan terganggunya kemampuan jantung dalam memompa darah.

5. Sakit di tenggorokan atau rahang

Sakit tenggorokan atau rahang biasanya disebabkan oleh masalah otot, pilek, atau sinus. Namun, jika Anda mengalami rasa sakit atau ketidaknyamanan di dada yang menyebar ke rahang atau tenggorokan, itu bisa menandakan serangan jantung.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia