Sahabat Zakat, berdzikir mengingat Allah adalah salah satu amalan ringan yang dianjurkan di setiap kesempatan, baik itu sedang duduk, berdiri, bahkan berbaring. Namun, dzikir di waktu pagi dan petang menjadi amalan yang sangat dianjurkan dan sudah disebutkan secara jelas di dalam Al Quran.

“Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang,” (QS. Al-Ahzab: 41-42).

Banyak sekali keutamaan yang Allah janjikan bagi hamba-Nya yang senantiasa merutinkan amalan dzikir pagi dan petang sesuai tuntunan Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam. “Gunakanlah waktu pagi dan waktu sore, serta sebagian waktu malam untuk beribadah. (HR. Bukhari 39).

Pagi dan sore adalah dua waktu menjelang pergantian hari, dari gelap ke terang dan dari terang menuju gelap. Sehingga manusia membutuhkan perlindungan untuk melintasi waktu malam dan waktu siangnya agar dilindungi oleh Allah.

Mengenai waktu tepatnya, Allah telah sebutkan di dalam QS Thaha: 130. “Bersabarlah terhadap komentar yang mereka ucapkan, dan bertasbihlah dengan memuji Rabbmu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya matahari.

Apabila Sahabat Zakat tidak sempat melakukannya karena kesibukan, maka kita bisa membacanya setelah terbit matahari pagi dan terbenamnya matahari. Ada beberapa dalil dan pendapat dari berbagai ulama yang menyebutkan keutamaan dzikir pagi dan sore.

“Barangsiapa yang membacanya di pagi hari, maka ia pasti akan terjaga dari gangguan jin sampai sore hari. Dan jika membacanya di sore hari, maka ia akan terjaga dari gangguan jin hingga pagi hari.”

Ibnul Qoyim mengatakan, “Zikir pagi dan sore ibarat baju besi. Semakin banyak lapisan lempengnya, senjata tidak akan bisa menembus pemakainya. Bahkan, kekuatan baju besi bisa mencapai keadaan, dimana tombak bisa mental dan balik menyerang orang yang melemparnya.”

Sahabat Zakat, begitu banyak keutamaan dzikir pagi dan petang yang dianjurkan oleh Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam. Mari kita bersama luangkan waktu hanya beberapa menit saja untuk merutinkan dzikir pagi dan petang, semoga hari-hari kita selalu berada dalam perlindungan-Nya.