Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Laa ilaaha illallaahu wallahu Akbar, Allahu Akbar walillaa ilhamd.

Sahabat Zakat, kini gema takbir berkumandang lagi pertanda datangnya Hari Raya Idul Adha 1422 H. Meskipun di beberapa wilayah dianjurkan untuk tidak menggelar takbiran di masjid, semoga kalimat takbir tersebut selalu tertanam di hati kita untuk terus mengagungkan-Nya.

Peristiwa Idul Adha menggambarkan pengorbanan dan ketaatan Nabi Ibrahim serta Nabi Ismail, di sana banyak sekali pelajaran yang bisa kita ambil. Peristiwa tersebut juga memberikan hikmah kepada kita untuk menghilangkan rasa kepemilikan yang seringkali kita akui.

Sesungguhnya keluarga, harta, jabatan, dan kekuasaan yang saat ini kita miliki adalah titipan Allah. Seperti yang digambarkan dalam sirah bahwa Allah tidak memerintahkan Nabi Ibrahim untuk membunuh Nabi Ismail, tetapi Allah hanya meminta untuk membunuh rasa memiliki Nabi Ibrahim terhadap putranya, Nabi Ismail.

Sahabat Zakat, selamat merayakan Hari Raya Idul Adha bersama keluarga, tetap jaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang halal dan thayib, tidak lupa menerapkan protokol kesehatan demi keselamatan bersama.

Semoga kita semua bisa mengikuti jejak Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail sebagai bentuk ketaatan seorang hamba kepada Rabbnya. Dan semoga Allah menganugerahkan kita kesalehan Nabi Ibrahim dan keikhlasan Nabi Ismail.