KADER RAMAH LANSIA LAKUKAN PEMERIKSAAN SECARA DOOR TO DOOR

Relawan Rumah Zakat bersama kader Ramah Lansia mengunjungi langsung para lansia di Desa Jogotirto untuk memberikan pelayanan kesehatan.

SLEMAN, RUMAH ZAKAT – Semenjak pandemi Covid 19, kegiatan rutin Ramah Lansia Rumah Zakat di Desa Jogotirto, Berbah, Sleman berupa pengajian, cek metabolik, cek tensi dan timbangan badan yang setiap sebulan sekali berjalan otomatis berhenti.

Karena itulah, demi memberikan pelayanan dan perhatian kepada lansia binaan, para kader yang berjumlah 8 orang bersama Relawan Rumah Zakat mengadakan mengunjungi langsung rumah lansia untuk melakukan pengecekan kesehatan yang dilaksanakan pada Jum’at dan Sabtu (20-21) November.

Dengan menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) berupa masker, sarung tangan karet serta faceshield, Kader Ramah Lansia mendatangi satu persatu rumah lansia.

“Kulo niku mboten saget BAB nek mboten mimik obat pencahar bu…(saya itu tidak bisa BAB kalau tidak minum obat pencahar bu),” kata Kapir.

“Kalau bisa jangan sampai ketergantungan obat ya Pak,  diusahakan banyak minum air putih, banyak makan buah, ampun ngunjuk teh kaleh kopi (jangan minum teh dan kopi),” jawab Yus Daryati selaku kader Ramah Lansia.

Hasilnya, dari 60 lansia yang didatangi, sekitar 20 lansia mempunyai masalah tekanan darah tinggi, selain itu juga ada yang mempunyai riwayat asam urat serta gula darah tinggi.

Newsroom

Rifai Yusup/Amri Rusdiana

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia