KAMI SIAP TERUS BELAJAR

Oleh : Rachmat Ari Kusumanto

CEO Rumah Zakat Indonesia

Sebelas tahun sudah Rumah Zakat Indonesia berdiri menjadi jembatan harmoni antara muzakki dan mustahik. Menyambungkan empati dalam simpul pelayanan gratis hingga pemberdayaan. Atas rahmat Allah Yang Maha Kuasa, didukung simpati Sobat Zakat sekalian, Rumah Zakat Indonesia telah hadir di 44 jaringan kantor di 38 kota besar dari Banda Aceh hingga Jayapura. Dengan dukungan teknologi informasi, kini semua kantor telah terkoneksi secara online. Hal itu membuat pengelolaan lembaga lebih terintegrasi, transparan dan cepat.

Dalam pengembangan keempat rumpun programnya, Rumah Zakat Indonesia mengembangkan program pendampingan dan pemberdayaan intensif berbasis komunitas yang disebut Integrated Community Development (ICD) baik per kecamatan maupun kelurahan, yang kini telah berjumlah 236 ICD. Setiap ICD dikelola oleh satu orang atau lebih Mustahik Relation Officer (MRO) yang tinggal di tengah-tengah masyarakat yang dibinanya, sehingga pemantauan dan keberlangsungan program lebih terjaga.

Semangat membumikan nilai spiritualitas menjadi kesalehan sosial membingkai gerak lembaga ini sebagai mediator antara nilai kepentingan muzakki dan mustahik. Antara yang memberi dan menerima. Harmoni ini semakin hangat dengan dukungan para muzakki dan mitra lembaga. Potret amanah dan sinergi dengan Sobat Zakat selama 11 tahun pelajaran inilah yang menjadi cermin bagi Rumah Zakat untuk senantiasa belajar. Terima kasih atas kebersamaan Anda.

Sinergi Membangun Negeri

Dengan mengalirnya dukungan serta sinergi dari Sobat Zakat, Rumah Zakat Indonesia senantiasa bekerja secara amanah, profesional dan transparan. Berbagai program pelayanan dan pemberdayaan telah dilakukan dan akan terus berkelanjutan. Rumah Zakat akan selalu menjembatani cinta para muzakki kepada anak yatim dan mustahik yang membutuhkan uluran tangan agar mereka dapat mandiri.

Dalam menjalankan program-program yang terangkum dalam empat rumpun besar yakni EduCare (pendidikan), HealthCare (kesehatan), EcoCare (ekonomi) dan YouthCare (kepemudaan), Rumah Zakat telah bersinergi dengan beragam stakeholder. Salah satu stakeholder tersebut adalah mitra korporat dan kelembagaan lainnya yang memiliki program atau konsep yang berorientasi Corporate Social Responsibility (CSR). Jumlah dana CSR yang cukup signifikan, menjadikannya salah satu sumber dana dengan proporsi yang besar dalam usaha pemberdayaan masyarakat dalam kurun waktu 11 tahun ini. Berikut kami tampilkan cuplikan potret keberdayaan yang berawal dari implementasi sinergi RZI dan CSR korporat.

Mendorong CSR Tak Sekedar Ajang Populer

CSR adalah bagian dari solusi yang telah dipraktikan secara global pada 20 tahun terakhir, sebagai respon atas semakin signifikannya peran korporasi dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. Di Indonesia, CSR pun telah diimplementasikan dengan berbagai tingkatan kinerja. Munculnya berbagai event dan kelembagaan seperti halnya CSR Award serta Forum BUMN untuk community development, menjadi salah satu indikasi bahwa CSR kini semakin banyak diapresiasi baik itu oleh dunia usaha secara umum maupun lembaga-lembaga pemerintahan.

Keberlangsungan sebuah usaha tidak hanya ditunjang oleh besarnya profit yang didapatkan namun juga dari bagaimana perusahaan ini diterima dan didukung oleh lingkungannya. Dengan demikian perusahaan akan mampu terus berkembang dan mampu menghadapi berbagai tantangan ke depan. Sehingga CSR menjadi hal yang harus dilakukan setiap perusahaan. Saat ini masih sedikit perusahaan yang melaksanakan kegiatan dalam perusahaan meskipun Pemerintah telah mengatur perihal kewajiban CSR dalam UU.

Daya Jangkau Hingga Ke Pelosok Negeri

Bersama mitra, Rumah Zakat Indonesia (RZI) mengelola dana CSR di berbagai wilayah tanah air dari Aceh hingga Jayapura. Banyaknya jaringan kantor yang dimiliki memudahkan dalam pelaksanaan program di lapangan.

Saat ini dengan hadirnya 44 jaringan kantor layanan online yang terintegrasi di 34 kota se-Indonesia, Rumah Zakat Indonesia membuka sinergi dengan mitra untuk mengelola dan menyalurkan dana CSR perusahaannya dengan ketepatan, kejelasan dan menjangkau pada komunitas yang dibantu. Bahkan mitra dapat terjun langsung mengawasi jalannya program. Perusahaan pun akan mendapat laporan pelaksanaan program secara berkala untuk memonitor jalannya program.

Pelayanan Kesehatan Gratis

Salah satu penyaluran dana CSR yang diamanahkan kepada RZI adalah dengan memberikan pelayanan kesehatan gratis hingga ke pedalaman dari Aceh hingga Papua. Sebut saja Indosat yang mempercayakan operasional Mobil Klinik Keliling di berbagai wilayah termasuk Pontianak, Makassar, Banjarmasin dan Jayapura. Mobil Klinik tersebut dioperasikan ke daerah-daerah yang sulit mengakses fasilitas kesehatan. Sehingga semakin banyak masyarakat yang terbantu. Begitupun dengan Telkomsel, Pelindo dan Al Maktoum yang menyediakan ambulans gratis bagi mereka yang membutuhkan.

Selain pelayanan kesehatan umum, RZI bersinergi bersama beberapa mitra yang menyalurkan CSRnya untuk Layanan Bersalin Gratis (LBG). Pelayanan tersebut diberikan kepada para mustahik baik di daerah perkotaan hingga ke pedesaan. Contoh kiprah LBG dalam membantu wanita hamil di daerah terpencil adalah saat membantu sejumlah kelahiran di kampong nelayan yang terletak di Kabupaten Cirebon.

Pendidikan Gratis dan Berkualitas

Menyediakan pendidikan yang berkualitas menjadi salah satu fokus dari RZI dalam memanfaatkan dana CSR yang dipercayakan sejumlah perusahaan. Contohnya Pegadaian melalui program \”Mengabdi untuk Negeri\” mempercayakan pengelolaan dana CSRnya untuk bidang pendidikan di 22 Indonesia.
 

Dengan dana yang diamanahkan dari sejumlah perusahaan, RZI berupaya menggali potensi yang ada dalam diri setiap anak melalui pendidikan berbasis Multiple Intelligences di SD Juara serta berbagai kegiatan melalui Pusat Pengembangan Potensi Anak (P3A), Kids Learning Centre (KLC), hingga Kemah Juara.
 

Pemberdayaan Ekonomi Mustahik

Di masa krisis global yang tengah melanda dunia, menjadikan jumlah pengangguran di negara ini bertambah. Maka salah satu upaya yang dapat dilakukan RZI dengan dana CSR adalah memanfaatkannya untuk membantu mereka agar mampu mandiri. Caranya adalah dengan memberikan pelatihan sebagai bekal yang kemudian dilanjutkan dengan pemberian modal usaha.

Contoh program yang dijalankan untuk memberdayakan ekonomi mustahik adalah dengan program Cake House yang didanai oleh PLN. Program tersebut mampu membuat sejumlah korban PHK memiliki kegiatan dan keterampilan untuk membuka usaha. Selain Cake House, ada pula program lain dengan sistem serupa yakni Kelompok Usaha Kecil Mandiri (KUKMI) Beberapa perusahaan seperti BNI Syariah dan Jasa Sarana telah mempercayakan dana CSR untuk program KUKMI.

Program Peduli Lingkungan

FIF Syariah dan Pegadaian memiliki perhatian di bidang lingkungan dengan menyediakan Waterwell di beberapa wilayah di Indonesia. Waterwell didirikan agar masyarakat tak lagi kesulitan dalam mengakses air bersih. Sebab air bersih merupakan salah satu faktor penting yang menunjang kesehatan.

Program kepedulian terhadap lingkungan ini akan terus disosialisasikan mengingat pentingnya hal tersebut untuk menunjang keberlangsungan hidup manusia. Selain Waterwell, RZI pun memiliki program bertajuk Kampungku Bersih yang sesuai selaras dengan Millenium Development Goals (MDG\’s).
 

Keberdayaan Para Penerima Manfaat

Dengan daya jangkau yang luas hingga ujung pulau paling timur Indonesia, ribuan penerima manfaat telah terberdayakan dengan sinergi program CSR yang dikelola RZI. Meskipun pada dasarnya penyaluran program dilakukan di wilayah binaan terpadu atau Integrated Community Development, namun banyak juga mitra yang mengusulkan penyaluran di luar ICD. Hal itu disebabkan tidak semua wilayah binaan mitra korporat selalu berada dalam area jaringan kantor Rumah Zakat.

Kini sebanyak 113 mitra korporasi dari sektor privat dan swasta telah bergabung dalam pengelolaan dana CSR, dan dalam waktu dekat 30 perusahaan siap bergabung. Atas sinergi tersebut kini sebanyak 705.202 orang penerima manfaat telah merasakan manfaat program yang diimplementasikan Rumah Zakat Indonesia di berbagai wilayah di tanah air. Mari terus bersinergi, agar ada lebih banyak lagi masyarakat yang dapat dibantu dan diberdayakan.#

 

Tags :
Konfirmasi Donasi