KAMPUS RELAWAN RZ ANGKAT MATERI TENTANG MANAJEMEN PERJALANAN

RZ LDKO CilegonPONTIANAK. Relawan RZ Pontianak melaksanakan kegiatan Kampus Relawan yang ketiga kalinya di bulan November 2015 ini, tepatnya pada hari Minggu (15/11) kemarin. Bertempat di Lapangan Olahraga SMA Negeri 8 Pontianak yang beralamat di Jalan Ampera Pontianak.

Kampus relawan yang diikuti 17 orang peserta ini, membahas tentang materi Manajemen Perjalanan yang disampaikan oleh Mario dan Uray dari Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Universitas Tanjungpura Pontianak sebagai fasilitatornya. Materi Manajemen Perjalanan ini terbagi atas dua sesi yaitu sesi Teori dan Praktek.

Pada sesi Teori, Uray, mahasiswa Fakultas Ekonomi ini, menyampaikan tentang manajemen perbekalan meliputi bagaimana menyiapkan diri dan perlengkapan untuk berkegiatan di alam. Selanjutnya, Mario yang juga mahasiswa Fisip Untan ini menjelaskan mengenai teknik Survival. Teknik Survival memberikan bekalan tentang sikap dan apa yang harus dilakukan untuk bertahan di alam bebas dalam kondisi seminim apapun.

Selanjutnya sesi praktek dibuka dengan praktek bongkar pasang isi ransel (carrier) serta membuat solo bivak. Pemateri menyampaikan tips dan trik menguji kekokohan bivak yang dibuat. “Bivak terbaik adalah yang berasal dari alam. Cara termudah untuk menguji apakah bivak kita sudah benar berdirinya adalah dengan melemparinya dengan kayu atau batu. Jika tetap kokoh berdiri, maka bivak itu sudah benar cara membuatnya”, tutup Uray mengakhiri materi tersebut.

Kampus relawan termin pertama selesai pukul 12.00 WIB yang dilanjutkan dengan long march dari Kantor RZ Pontianak Jalan Irian No. 35 menuju Dusun Melati Kabupaten Kubu Raya. Long march ini menempuh jarak kurang lebih 16 km dimulai pukul 13.30 dan berakhir pukul 19.00 WIB dengan hujan yang menderas di 2 jam akhir perjalanan.***

Newsroom/Sri Yuniarti
Pontianak

Tags :
Konfirmasi Donasi