KAPAN ANAK BOLEH PUNYA AKUN SOSIAL PRIBADI?

Psikolog Saskhya Aulia Prima mengatakan, anak baru boleh memiliki akun media sosial pribadi pada usia 13 tahun. Idealnya malah ketika anak sudah berusia 16 tahun.

Hanya saja, terkadang anak susah dibatasi dalam menggunakan media sosial. Ketimbang orang tua melarang dan anak membuat akun secara sembunyi-sembunyi, Saskhya mengatakan, lebih baik dipertahankan prinsip keterbukaan dengan menjalin komunikasi.

“Orang tua bisa memerhatikan rekomendasi media sosial dan gim yang akan digunakan anak,” ujar Saskhya.

Orang tua pun diajurkan untuk masuk dalam daftar teman anak di akun media sosialnya. Jangan lupa pula untuk mendampingi anak ketika mereka sedang berselancar di dunia maya.

Sashkya menyarankan agar ayah dan ibu sering berdiskusi dengan anak sebelum dan setelah buah hatinya menggunakan media sosial. Dengan begitu akan tercipta ruang pemahaman mengenai sudut pandang anak dalam menilai sesuatu dan anak bisa memahami batasan yang diminta orang tuanya.

“Kasih tahu juga untuk tidak sembarangan unggah sesuatu di internet, hindari mereka menggunakan webcam dengan orang asing,” ujar psikolog dari Tiga Generasi ini.

Selain itu, Saskhya mengingatkan orang tua untuk memberi tahu anak agar tidak memberikan sandi akun media sosialnya kepada siapa pun. Bahkan, ketika orang tua menginginkan sandi tersebut, maka mereka wajib meminta izin pada anak karena hal tersebut merupakan hal pribadi.

“Saat anak ingin kopdar dengan teman di media sosial, dampingi,” kata Saskhya.

sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi